Pengembangan game berbasis Role Playing Game (RPG) berorientasi kemampuan berpikir kritis pada materi asam basa

Fikry, Muhammad Hafizh (2025) Pengembangan game berbasis Role Playing Game (RPG) berorientasi kemampuan berpikir kritis pada materi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (167kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (201kB)
[img] Text (PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Surat Pernyataan Karya Sendiri.pdf

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dianggap esensial dalam pendidikan abad ke-21, namun hasil studi menunjukkan bahwa kemampuan ini masih rendah di kalangan siswa Indonesia, terutama dalam pembelajaran kimia. Untuk itu, game edukatif berbasis Role Playing Game (RPG) yang menggabungkan elemen pembelajaran interaktif dan tantangan berbasis masalah, dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep kimia secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, menganalisis hasil uji validasi dan hasil uji kelayakan game berbasis Role Playing Game (RPG) berorientasi kemampuan berpikir kritis pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan model Research and Development (R&D), yang mengadaptasi tahapan ADDIE yang meliputi tiga tahapan yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Uji validasi dilakukan oleh para ahli materi dan media, sementara uji kelayakan dilakukan oleh 15 mahasiswa pendidikan kimia. Hasil uji validasi menunjukkan nilai rata-rata 0,85 pada berbagai aspek yang diuji, yang mengindikasikan bahwa game ini valid untuk digunakan. Selanjutnya, uji kelayakan menghasilkan persentase rata-rata sebesar 92,46%, menunjukkan bahwa game ini sangat layak sebagai media pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, game berbasis RPG ini dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat digunakan sebagai alat pembelajaran interaktif dalam materi asam basa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Asam Basa; Berpikir Kritis; Pengembangan Game; Role Playing Game
Subjects: Education
Chemistry and Allied Science > Chemists
General Management > Research and Development Management (R and D)
Indoor Games of Skill > Electronic Game
Athletic and Outdoor Sports > Games with Equipment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: muhammad hafizh fikry
Date Deposited: 12 Jun 2025 06:14
Last Modified: 12 Jun 2025 06:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108892

Actions (login required)

View Item View Item