Fikry, Muhammad Hafizh (2025) Pengembangan game berbasis Role Playing Game (RPG) berorientasi kemampuan berpikir kritis pada materi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
Cover.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Surat Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis dianggap esensial dalam pendidikan abad ke-21, namun hasil studi menunjukkan bahwa kemampuan ini masih rendah di kalangan siswa Indonesia, terutama dalam pembelajaran kimia. Untuk itu, game edukatif berbasis Role Playing Game (RPG) yang menggabungkan elemen pembelajaran interaktif dan tantangan berbasis masalah, dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep kimia secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, menganalisis hasil uji validasi dan hasil uji kelayakan game berbasis Role Playing Game (RPG) berorientasi kemampuan berpikir kritis pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan model Research and Development (R&D), yang mengadaptasi tahapan ADDIE yang meliputi tiga tahapan yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Uji validasi dilakukan oleh para ahli materi dan media, sementara uji kelayakan dilakukan oleh 15 mahasiswa pendidikan kimia. Hasil uji validasi menunjukkan nilai rata-rata 0,85 pada berbagai aspek yang diuji, yang mengindikasikan bahwa game ini valid untuk digunakan. Selanjutnya, uji kelayakan menghasilkan persentase rata-rata sebesar 92,46%, menunjukkan bahwa game ini sangat layak sebagai media pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, game berbasis RPG ini dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat digunakan sebagai alat pembelajaran interaktif dalam materi asam basa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asam Basa; Berpikir Kritis; Pengembangan Game; Role Playing Game |
Subjects: | Education Chemistry and Allied Science > Chemists General Management > Research and Development Management (R and D) Indoor Games of Skill > Electronic Game Athletic and Outdoor Sports > Games with Equipment |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | muhammad hafizh fikry |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 06:14 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 06:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |