Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian Quasi Experiment di kelas VII SMP Bakti Nusantara 666

Haulina, Rika (2025) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian Quasi Experiment di kelas VII SMP Bakti Nusantara 666. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (178kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar pernyataan karya sendiri.pdf

Download (397kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Bakti Nusantara 666. Mata pelajaran PAI sering kali dianggap kurang menarik akibat pembelajaran konvensional yang lebih berorientasi pada guru, seperti ceramah. Temuan utama menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi, yang melibatkan modifikasi konten, proses, dan produk berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa, dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Penelitian ini menekankan pentingnya menggunakan berbagai strategi dan media pengajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam, serta mengembangkan dan membuat inovasi dari pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini menggarisbawahi perlunya menghubungkan konten pendidikan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan dapat diterima. Dengan mengatasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya minat terhadap PAI, seperti kurangnya bahan ajar dan strategi yang tidak efektif, studi ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik yang ingin meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitias, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi mencapai tingkat keberhasilan sebesar 87,5% dengan interpretasi sangat tinggi. 2) Hasil uji hipotesis nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Pada analisis N-Gain, kelas eksperimen memiliki skor N-Gain 0,42 dengan interpretasi sedang. Sedangkan kelompok kelas kontrol memiliki skor N-Gain 0,09 dengan interpretasi rendah. Dengan demikian bisa diketahui bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Bakti Nusantara 666. Secara keseluruhan, penelitian ini mendorong pergeseran menuju pendekatan pengajaran yang lebih inovatif dan berpusat pada siswa dalam Pendidikan Agama Islam, dengan menekankan peran pembelajaran berdiferensiasi dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; Minat belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rika RIKA HAULINA
Date Deposited: 13 Jun 2025 04:52
Last Modified: 13 Jun 2025 04:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108998

Actions (login required)

View Item View Item