Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA : Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik MI Miftahul Falah 1 Kota Bandung

Salma, Alma Sakinatu (2025) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA : Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik MI Miftahul Falah 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-ALMA SAKINATU SALMA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPA, yang dibuktikan dengan nilai harian dari total 62 siswa kelas V di MI Miftahul Falah 1 Kota Bandung, banyak siswa dari seluruh kelas mendapatkan nilai di bawah KKM atau dibawah nilai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya; 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 yang menerapkan model pembelajaran inkuiri 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 yang menerapkan model pembelajaran jigsaw 3) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 yang mengunakan model pembelajaran inkuiri dan jigsaw. Hipotesis yang dirumuskan adalah H0: tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dan yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dan H1: terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dan yang menggunakan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen serta desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Falah 1 Kota Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dari hasil pretest dan posttest, kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-independent pada data gain. Hasil pengujian hipotesis dengan melakukan Uji t-independent N-Gain score membuktikan bahwa terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri. nilai Sig.(2-tailed) adalah 0.004, dengan df = 50, dan nilai x = 0.05 (5%). Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0.05, yang berarti H0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran inkuiri; kemampuan berpikir kreatif; IPA;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Science for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alma sakinatu Salma
Date Deposited: 13 Jun 2025 04:23
Last Modified: 13 Jun 2025 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109005

Actions (login required)

View Item View Item