Salma, Alma Sakinatu (2025) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA : Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik MI Miftahul Falah 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-ALMA SAKINATU SALMA.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPA, yang dibuktikan dengan nilai harian dari total 62 siswa kelas V di MI Miftahul Falah 1 Kota Bandung, banyak siswa dari seluruh kelas mendapatkan nilai di bawah KKM atau dibawah nilai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya; 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 yang menerapkan model pembelajaran inkuiri 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 yang menerapkan model pembelajaran jigsaw 3) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 yang mengunakan model pembelajaran inkuiri dan jigsaw. Hipotesis yang dirumuskan adalah H0: tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dan yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dan H1: terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V MI Miftahul Falah 1 pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dan yang menggunakan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen serta desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Falah 1 Kota Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dari hasil pretest dan posttest, kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-independent pada data gain. Hasil pengujian hipotesis dengan melakukan Uji t-independent N-Gain score membuktikan bahwa terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri. nilai Sig.(2-tailed) adalah 0.004, dengan df = 50, dan nilai x = 0.05 (5%). Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0.05, yang berarti H0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran inkuiri; kemampuan berpikir kreatif; IPA; |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Science for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alma sakinatu Salma |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 04:23 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 04:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109005 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |