Aplikasi gliserol sebagai zat aditif Edible Film untuk pengemasan Buah Tomat Pasca Panen dari Kombucha Teh Hitam (Camellia sinensis)

Dewi, Riska Kamalia (2018) Aplikasi gliserol sebagai zat aditif Edible Film untuk pengemasan Buah Tomat Pasca Panen dari Kombucha Teh Hitam (Camellia sinensis). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Edible film merupakan lapisan tipis yang terbuat dari selulosa bersifat dapat dimakan / mudah terurai, sebagai bahan pengemas atau pelapis produk makanan. Plastik yang digunakan sebagai kemasan buah tomat saat ini adalah plastik polypropile, jenis polimer sintetis berbahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan sulit terurai tanah, maka dari itu kemasan berbahan alami dan edible harus dikembangkan. Bahan dasar pembuatan Edible film adalah selulosa dan gliserol (sebagai zat aditif untuk menghasilkan edible film lebih fleksibel). Selulosa juga terdapat dalam scoby (symbiotic colon of bacteria yeast) kombucha teh hitam. Scoby (nata) kombucha terbentuk dari hasil metabolisme Acetobacter xylinum dengan khamir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi gliserol paling optimal dalam pembentukan edible film serta mengetahui kualitas buah tomat pasca panen yang dikemas menggunakan edible film kombucha teh hitam (Camellia sinensis). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri atas 6 perlakuan konsentrasi gliserol yaitu 1%, 2%, 3%, 4%, 5% dan kontrol dengan pengulangan sebanyak 4 kali. Parameter pengamatannya adalah uji karakteristik edible film yang terdiri atas uji ketebalan, tarik, % perpanjangan, kelarutan, mikroskopis edible film dan uji organoleptik buah tomat pasca panen. Prosedur kerja penelitian ini terdiri atas persiapan alat dan bahan, sterilisasi alat, pembuatan kultur teh kombucha hitam, pembuatan nata tipis kombucha teh hitam, pembuatan edible film, proses pencetakan dengan metode casting (penuangan), pengukuran dan uji karakteristik edible film dan pengukuran organoleptik buah tomat pasca panen yang telah dikemas edible film. Analisis statistika yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA), jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan. Didapatkan hasil edible film terbaik sebagai pengemas dengan konsentrasi gliserol 1% dan 2%, dengan karakteristik ketebalan 0,02 mm dan kuat tarik 5,764 N/mm2 dan 5,894 N/mm2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: edible film;buah tomat;kombucha;teh hitam;Acetobacter xylinum; gliserol.
Subjects: Biology > Auxiliary Techniques and Procedures of Biology, Apparatus, Equipment, Procedures, Microscopy
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Riska K Riska Riska
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:30
Last Modified: 10 Jul 2018 04:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item