Aulia, Rifdaa (2025) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu media Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian quasi experiment pada siswa kelas VIII SMP Bakti Nusantara 666 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Bakti Nusantara 666, Berlandasakan hasil wawancara dan observasi awal peneliti mengenai rendahnya minat belajar siswa pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Masih banyak peserta didik yang minat belajarnya dibawah kriteria. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar diantaranya faktor dari lingkungan, guru, dan peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantu media augmented reality (AR) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Bakti Nusantara 666, membandingkan perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta menganalisis pengaruh model PjBL berbantu AR dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment melalui desain nonequivalent control group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran project based learning berbantu media augmented reality dan VIII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran project based learning berbantu media augmented reality di kelas VIII-C SMP Bakti Nusantara 666 menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan tingkat ketercapaian pembelajaran sebesar 91% dalam kategori “Sangat Tinggi” serta mampu meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan keterampilan komunikasi siswa. Rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai 91 (kategori “Sangat Tinggi”), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 85 (kategori “Tinggi”), dengan standar deviasi masing-masing 3,069 dan 3,821. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PjBL berbantu AR terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Augmented Reality; Project Based Learning |
Subjects: | Indonesia Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rifdaa Aulia ripda |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:04 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |