Dampak teknologi digital Tiktok terhadap pola interaksi sosial : Studi perilaku siswa kelas 5 dan 6 SDN Sukajaya 1 TA 2024/2025 Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut

Fauzi, Diki Ahmad (2025) Dampak teknologi digital Tiktok terhadap pola interaksi sosial : Studi perilaku siswa kelas 5 dan 6 SDN Sukajaya 1 TA 2024/2025 Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism (41).pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

Penggunaan teknologi digital Tiktok di kalangan siswa sekolah dasar sedang mengalami peningkatan, hal tersebut berdampak pada interkasi sosial siswa. Kebanyakan siswa yang mengenal aplikasi tersebut menjadi pribadi yang lebih pendiam dan susah untuk diajak berinteraksi dengan orang lain karena siswa terlalu fokus dengan apa yang dialihat dilayar ponsel sehingga abai terhadap lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) pola penggunaan teknologi digital TikTok pada siswa kelas 5 dan 6 SDN Sukajaya 1 TA 2024/2025 Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut; 2) upaya sekolah untuk mengurangi penggunaan teknologi digital TikTok pada siswa kelas 5 dan 6 SDN Sukajaya 1 TA 2024/2025 Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut; dan 3) bagaimana dampak penggunaan teknologi digital TikTok terhadap pola interaksi sosial siswa kelas 5 dan 6 SDN Sukajaya 1 TA 2024/2025 Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut. Teori interaksi simbolik Herbert Mead digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan makna simbol dalam hubungan antar individu. Dalam penelitian ini, penggunaan media sosial TikTok disebut sebagai simbol, yang berdampak pada cara siswa memahami dan merespon lingkungan sosial mereka. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif, adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan 3 teknik 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan tahapan analisis data dalam penelitian ini adalah 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian,TikTok memiliki dampak yang signifikan terhadap pola interaksi sosial siswa, baik dalam aspek positif maupun negatif. Dampak negatifnya meliputi penurunan kualitas interaksi sosial langsung, pengelolaan emosi yang terganggu, serta tekanan akibat perbandingan sosial. TikTok juga memberikan peluang untuk mendorong kreativitas, mempererat hubungan keluarga, dan mengembangkan keterampilan melalui konten edukatif. Kesimpulannya, penggunaan TikTok dapat memberikan manfaat jika dikelola dengan bijaksana, sehingga pengawasan dan pengelolaan yang tepat menjadi kunci untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalkan dampak negatifnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial; Dampak; Tiktok
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Diki Ahmad Fauzi
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:42
Last Modified: 01 Jul 2025 07:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109108

Actions (login required)

View Item View Item