Novianti, Denisa (2025) Implementasi metode Targhib wa Tarhib berbasis media Flash Card untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis: Studi quasi eksperimen terhadap siswa kelas VII di MTs. Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung, yang terlihat dari kecenderungan siswa mencari jawaban dari guru atau teman saat mengerjakan latihan soal, hasil penilaian harian yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 33,26 dari 26 siswa kelas VII A, perilaku siswa yang kurang serius dalam pembelajaran, terbatasnya media pembelajaran, dan minat siswa dalam membaca materi juga cenderung rendah. Sehingga, berdampak pada hasil belajar kognitif yang rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan proses implementasi metode targhib wa tarhib berbasis media flash card dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, (2) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan metode targhib wa tarhib berbasis media flash card dengan kelas yang menerapkan metode konvensional, (3) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VII MTs. Ar-Rosyidiyah Kota Bandung setelah diterapkan metode targhib wa tarhib berbasis media flash card. Melalui metode targhib wa tarhib berbasis media flash card, yang mengombinasikan motivasi positif (targhib) dan peringatan edukatif (tarhib), diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya metode Targhib wa Tarhib berbasis media flash card pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VII MTs.Ar-Rosyidiyah Kota Bandung.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Dalam penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan keseluruhan jumlah sampel adalah 48. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses implementasi pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan metode targhib wa tarhib berbasis media flash card berjalan dengan baik, ditunjukkan dengan skor observasi aktivitas guru dan siswa pada pertemuan ke-1 yakni 80% dan mengalami peningkatan pada pertemuan ke-2 yakni 90%. (2) Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,041 (< 0,05). Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas eksperimen berpengaruh positif. Dengan N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,42 yang diinterpretasikan sebagai kategori sedang, lebih baik dari N-Gain kelas kontrol 0,23 diinterpretasikan sebagai kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Targhib wa Tarhib; Media Flash Card; Hasil Belajar Kognitif dan Al-Qur’an Hadis |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Denisa Novianti |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 01:57 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 01:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |