Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Manajemen berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M): Penelitian di MTs Al-Mishbah Cipadung Kec. Cibiru Kota Bandung)

Rusdiana, A. (2010) Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Manajemen berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M): Penelitian di MTs Al-Mishbah Cipadung Kec. Cibiru Kota Bandung). Project Report. Lembaga Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
03-Penelitian Partisifasi Msy tehdp mbs Al-Misbh 2010.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTs Al-Mishbah Cipadung Bandung. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, dengan mengambil 50 orang tua siswa sebagai sampel penelitian. Sampel diambil dengan teknik acak sederhana (simple random sampling), bentuk instrumen yang digunakan adalah kuesioner/angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus persentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) di MTs Al-Mishbah Cipadung-Bandung, sangat tinggi dengan jumlah persentasi 78%. Hal ini terbukti dari lima indikator, empat indikator berkategori sangat tinggi. Adapun yang berkategori tinggi, yaitu peranan komite sekolah yang meliputi orang tua dilibatkan dalam semua kegiatan yang dilakukan dalam komite sekolah, orang tua bersama komite sekolah mengadakan kerjasama dengan instansi lain dan komite sekolah dilibatkan dalam penyusunan program sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi pihak MTs Al-Mishbah Cipadung-Bandung dalam mengambil kebijakan tentang partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS. Bagi masyarakat khususnya orang tua hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan untuk ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: efesiensi,mutu,pemerataan pendidikan
Subjects: Communities
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 20:02
Last Modified: 24 Oct 2019 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item