Siti, Fatma (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
IMG_20250619_150525.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4__daftar isi.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7__bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8__bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11__Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya minat peserta didik dalam membaca Materi Al-Qur’an dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di jenjang SMP Negeri 2 Cileunyi. Kondisi ini terjadi akibat terbatasnya variasi strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif dan kurang tertarik mengikuti kegiatan belajar, terutama dalam materi membaca Al-Qur’an. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam materi membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi. 2) Peningkatan minat membaca Al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah implementasi model Student Teams Achievement Divisions (STAD). 3) Pengaruh penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap minat membaca Al-Qur’an siswa. Tujuan penelitian ini dirancang sebagai solusi terhadap rendahnya minat membaca Al-Qur’an yang berdampak pada rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini di dasarkan pada teori bahwa penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan interaksi, motivasi, serta minat membaca peserta didik. Melalui pendekatan pembelajaran yang berbasis kerja sama dalam kelompok heterogen dan pemberian tanggung jawab individu, siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat peningkatan minat membaca Al-Qur’an setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen serta desain Static Group Comparison Design. Dalam desain ini, terdapat dua kelompok kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala likert yang diberikan setelah proses pembelajaran selesai, guna mengukur minat membaca Al-Qur’an siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa. Berdasarkan hasil angket skala Likert, minat siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah diterapkannya model STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berjalan baik dan meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa. Angket yang digunakan valid, reliabel, dan data berdistribusi normal. Analisis deskriptif menunjukkan kenaikan skor rata-rata minat setelah perlakuan. Kesimpulannya, model STAD efektif meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Student Teams Achievement Divisions (STAD); Kooperatif; Minat Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Fatma Siti Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 06:46 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 08:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |