Penerapan tipe model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa: Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi pada pokok bahasan prisma dan limas

Libresa, Febi (2012) Penerapan tipe model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa: Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi pada pokok bahasan prisma dan limas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Belajar matematika bagi para siswa merupakan pembentukan pola pikir dalam pemahaman suatu pengertian maupun dalam penalaran suatu hubungan diantara pengertian-pengertian itu. Kurangnya pemahaman konsep-konsep matematika akan menyebabkan siswa kesulitan memahami dan menyelesaikan soal-soal matematika. Maka dari itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe round table merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dimana siswa aktif memberikan pendapatnya dalam suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses belajar mengajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table, kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dan konvensional, apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dengan konvensional, apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dengan konvensional, dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe round table. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi yang terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak sesuai dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes (tes awal dan tes akhir) dan non tes (lembar observasi siswa dan guru, serta angket skala sikap). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa gambaran proses belajar mengajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table berlangsung dengan baik pada tiap pertemuannya. Kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table pada saat pretes termasuk kedalam kategori jelek, sedangkan pada saat postes termasuk kedalam kategori baik. Kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada saat pretes termasuk kedalam kategori jelek, sedangkan pada saat postes termasuk kedalam kategori cukup. Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sikap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi, memiliki sikap positif terhadap pelajaran matematika dan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; tipe Round Table;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2016 02:05
Last Modified: 27 Feb 2019 02:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item