Penggunaan media audio visual berbasis aplikasi Youtube untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI-BP: Penelitian pada siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tanjungsiang Kabupaten Subang

Isriani, Vina (2025) Penggunaan media audio visual berbasis aplikasi Youtube untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI-BP: Penelitian pada siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tanjungsiang Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (874kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an dikalangan siswa SMAN 1 Tanjungsiang Kabupaten Subang menjadi latar belakang dari penelitian ini. Menurut observasi awal, hal itu terjadi karena pembelajaran yang masih terbatas pada penggunaan media papan tulis dan buku paket oleh guru dalam menyampaikan materi Al-Qur’an. Sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut, media pembelajaran berbasis audio visual melalui aplikasi Youtube diterapkan guna meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan media audio visual berbasis aplikasi Youtube dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tanjungsiang Kabupaten Subang. 2) Pengaruh penggunaan media audio visual berbasis aplikasi Youtube dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tanjungsiang Kabupaten Subang. Penelitian ini berlandaskan pada kerangka berpikir bahwa media audio visual Youtube memiliki potensi untuk mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an. Media ini mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, sehingga materi yang dijarkan dapat dipahami secara optimal. Oleh karena itu, hipotesis pada penelitian ini adalah media audio visual berbasis aplikasi Youtube diduga dapat berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Perhitungan statistika digunakan sebagai analisis data, dengan sampel berjumlah 70 siswa dari kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan: 1). Penerapan media audio visual berbasis aplikasi Youtube dalam pembelajaran PAI-BP pada materi membaca Al-Qur’an di kelas X MIPA 2 berjalan secara efektif, dengan nilai mean observasi guru sebesar 92,63% dan nilai mean observasi siswa 91,33% yang keduanya tergolong pada kategori baik. 2). Terdapat perbedaan hasil tes kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang menerapkan media audio visual Youtube dengan yang tidak di SMAN 1 Tanjungsiang. Didapatkan nilai mean pretest 45,00 pada kelas eksperimen dan 42,29 pada kelas kontrol. Sementara itu, pada kelas eksperimen nilai mean hasil posttest sebesar 73,71 dan kelas kontrol 49,89. Berdasarkan hasil persentase n-gain kelas eksperimen, peningkatan dari penggunaan media audio visual Youtube terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebesar 56%. Hasil mann whitney u test memperoleh asymp. sig (2-tailed) sebesar <0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (<0,05). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh positif dari penggunaan media audio visual berbasis aplikasi Youtube terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Youtube; Membaca Al-Qur’an
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vina I Isriani
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:13
Last Modified: 19 Jun 2025 08:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109426

Actions (login required)

View Item View Item