Implementasi metode Cooperative Script dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI: Penelitian di kelas X SMA 4 Muhammadiyah kota Bandung

Muhamad, Daffa Fauzaan (2025) Implementasi metode Cooperative Script dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI: Penelitian di kelas X SMA 4 Muhammadiyah kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.docx.pdf

Download (269kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (570kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf

Download (394kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi metode cooperative script dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI (penelitian di kelas X SMA 4 Muhammadiyah kota bandung)”. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA 4 Muhammadiyah Kota Bandung, bahwa dengan penerapan metode pembelajaran ceramah, masih banyak siswa yang belum memahami materi asmaul husna pada mata pelajaran PAI yang telah diajarkan oleh guru nya karena tidak ada keaktifan dalam belajar, sehingga hasil belajarnya pun kurang memuaskan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan metode pembelajaran cooperative script yang diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi asmaul husna melalui keaktifan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan belajar siswa di SMA 4 Muhammadiyah Kota Bandung, khususnya siswa kelas 10. Keaktifan belajar yang dimaksud meliputi keaktifan kegiatan siswa dalama kegiatan belajar khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan desain eksperimen semu yang dikenal sebagai "quasi experiment" dengan penggunaan kelompok kontrol yang tidak setara. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa dari kelas X IPA 2, yang bertindak sebagai kelompok kontrol, dan 28 siswa dari kelas X IPA 1, yang bertindak sebagai kelompok eksperimen di SMA 4 Muhamadiyah Kota Bandung. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan berbagai alat seperti observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini baik melalui pembahasan dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan mempertimbangkan pembahasan dan analisis data yang telah dilakukan, ada beberapa hal mengenai pengaruh metode cooperative script terhadap keaktifan belajar siswa sebagai berikut (1) Penerapan metode pembelajaran cooperative script dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan agama Islam, khususnya materi asmaul husna, pada siswa kelas X SMA 4 Muhammadiyah Kota Bandung, dapat dinilai baik secara keseluruhan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran. (2) Terdapat peningkatan dalam hasil belajar siswa ketika metode pembelajaran CS diterapkan. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa 92% dari siswa dalam kelompok eksperimen dapat berhasil mengerjakan soal post-test dengan baik. (3) Seluruh siswa dalam kelompok kecil aktif dalam berdiskusi, saling bertanya, dan menjawab pertanyaan sesama siswa. Hal ini menciptakan rasa ingin tahu dan semangat mencari jawaban dari pertanyaan kelompok lain. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa terhadap materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooparative Script; Keaktifan Belajar; Pendidikan Agama Islam; Implementasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Daffa Fauzaan
Date Deposited: 20 Jun 2025 08:01
Last Modified: 20 Jun 2025 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109433

Actions (login required)

View Item View Item