Nurillahi, Indriani asysyafe'i (2025) Pengaruh manajemen program tahfidz Al-Qur'an terhadap hafalan Al-Qur'an santri: Penelitian di Pondok Pesantren Tahfidz Sunanulhuda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) | Request a copy |
Abstract
Upaya mencetak generasi penghafal Al-Qur’an merupakan bagian penting dalam menjaga kemurnian wahyu Allah SWT. Lembaga-lembaga pendidikan Islam telah mengembangkan berbagai strategi dan langkah dalam menyelenggarakan program tahfidz, namun tidak sedikit yang menghadapi tantangan dalam pelaksanaannya. Berdasarkan studi pendahuluan, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh manajemen program tahfidz Al-Qur’an terhadap hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz Sunanulhuda. Manajemen program yang dimaksud mencakup aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Sedangkan hafalan Al-Qur’an dinilai dari aspek tajwid, fashohah, dan kelancaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Sunanulhuda, untuk mengetahui hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz Sunanulhuda, dan untuk mengetahui pengaruh manajemen program tahfidz Al-Qur’an terhadap hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz Sunanulhuda Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh santri tahfidz sebanyak 220 orang. Sampel yang diambil berjumlah 69 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan tahapan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik (uji normalitas dan linearitas), uji t (parsial), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi sebesar 0,074 (> 0,05). Uji linearitas menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,011 (< 0,05), menunjukkan bahwa model linear dapat digunakan, serta tidak terdapat penyimpangan linearitas (0,621 > 0,05). Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 (< 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen program tahfidz Al-Qur’an terhadap hafalan Al-Qur’an santri. Nilai R sebesar 0,314 menunjukkan pengaruh positif dalam kategori rendah. Adapun nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,098, yang berarti bahwa manajemen program tahfidz Al-Qur’an memberikan kontribusi pengaruh sebesar 9,8% terhadap hafalan santri, sementara 90,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen program; tahfidz al-qur'an; hafalan santri |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indriani Indri Indri |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:57 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |