Studi Evaluatif Pembelajaran Mata Kuliah ke-Islaman di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kodir, Abdul and Rusdiana, A. and Heryati, Yeti and Supriyadin, Asep and Saepuloh, Aep (2013) Studi Evaluatif Pembelajaran Mata Kuliah ke-Islaman di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Project Report. Lembaga Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
07-Penel Studi Evaluatif 2013.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa implementasi kurikulum pendidikan Islami mendapatkan porsi yang strategis dalam melengkapi kurikulum pendidikan umum artinya proses pembelajaran antara pendidikan umum dan agama menjadi poros utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang berwawasan imtak dan iptek, sehingga nilai tambah yang didapatkan siswa dengan diterapkannya pembelajaran yang berwawasan Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan evaluasi pembelajaran mata kuliah keIslaman di Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang telah diperoleh. Hal ini digunakan untuk menjelaskan pokok permasalahan, membuat prediksi serta mendapatkan makna dan implikasi dari suatu masalah yang diinginkan. Berdasarkan kajian dan dan analilsis, pembahasan terhadap temuan hasil penelitian tentang “Studi Evaluatif Pembelajaran Mata Kuliah KeIslaman Di Fakultas Sains Dan Teknologi UIN SGD Bandung”. Dapat ditarik keesimpulan sbagai berikut: (1) Kedudukan dan Pengembangan Mata Kuliah KeIslaman di Fakultas Sains dan Teknologi. adalah tergolong pada kelompok Matakuliah Kompetensi Dasar, dengan jumlah 16 sks dari 24 sks seluruh MKD. (2) Tujuan pembelajaran Ke Islaman pada Fakultas Sains dan Teknologi; Sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Sains dan Teknologi, untuk menyiapkan generasi ulul Albab yang mampu: (a) Memadukan dzikir dan fakir; (b) Memiliki kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual; (c) Menemukan, mengembangkan dan menerapkan Sains dan teknologi. (3) Silabus dan Pokus Kajian Mata Kuliah Ke-Islaman di Fakultas Sains dan Teknologi, meliputi: (a) Deskripsi Mata Kuliah; (b) Standar Kompetensi; (c) Kompetensi Dasar; (d) Indikator; (e) Pengalaman Belajar; (f) Materi Pokok; (g) Waktu; (h) Alat/Sumber Belajar; (i) Penilaian. (4) Strategi Pembelajaran Mata Kuliah Ke-Islaman di Fakultas Sains dan Teknologi. (a) strategi Pembelajaran dengan menerapkan metode berbasis praktis, maka untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa terhadap teknologi komputer dan sains, ada beberapa mata kuliah yang perkuliahannya dilakukan pada kedua fasilitas tersebut (b) Media pembelajaran yang digunakan saat ini menggunakan alat bantu seperti papan tulis dan LCD Proyektor. (c) Proses monitoring dan evaluasi terhadap penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran sudah terdokumentasi sehingga dalam menentukan baseline terhadap efektivitas ketersediaan media pembelajaran sudah tertata sangat baik.(4) Sistem evaluasi pembelajaran diatur dalam pedoman Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung, ada 3 komponen penilaian mata kuliah, yaitu, (a) tugas, quiz, praktikum untuk matakuliah berpraktikum, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Saran/Rekomendasi, secara substansial empat hal utama yang perlu dicermati, antara lain: (1) Penguatan status matakuliah Ke-Islaman, (2) Pemantapan Silabus (3) Penajaman Fokus Tujuan Pembelajaran Mata Kuliah KeIslaman (4) Langkah-langkah Strategis untuk efektifitas pembelajaran mata dan (5) pemantapan evaluasi pembelajaran mata kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Culture and Institutions > Religious Institution
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 13:33
Last Modified: 01 Jul 2020 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item