Rusdiana, A. (2013) Pemberdayaan masyarakat melalui kelompok belajar usaha di pusat kegiatan belajar masyarakat : Studi kasus di PKBM “Tresna Bhakti” Desa Cinyasag , Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Project Report. Lembaga UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.
|
Text
08-PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 2013.pdf Download (714kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi Kemiskinan adalah suatu keadaan atau kondisi yang menggambarkan adanya ketimpangan antara kebutuhan dengan upaya pemenuhannya, sehingga timbul kesulitan dan kekurangan pada berbagai aspek kehidupan yang menyebabkan turunnya kualitas hidup manusia. Di wilayah pedesaan, beberapa kelompok yang termasuk dalam masyarakat miskin adalah petani buruh, pembantu rumah tangga, buruh bangunan, pedagang keliling dan sebagainya yang kebanyakan adalah pekerja sektor informal. Penelitia ini bertujuan; (1) Mengetahui permasalahan yang dihadapi KBU PKBM “Tresna Bhakti”; (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kekurangberhasilan KBU PKBM “Tresna Bhakti”; (3) Mengetahui hambatan dan permasalahan warga belajar yang telah mendapatkan keterampilan di KBU PKBM dalam mengembangkan usaha ekonomi produktifnya; (4) Merumuskan strategi pengembangan KBU PKBM “Tresna Bhakti” dimasa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan strategi studi kasus. Studi kasus merupakan pilihan yang relevan untuk mengkaji suatu komunitas, karena karakter pengembangan masyarakat yang harus menyesuaikan diri dengan konteks lokal, dan karena instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah manusia (pengkaji), maka disebut juga studi kasus instrumental. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Kelompok Belajar Usaha (KBU) PKBM “Tresna Bhakti” adalah salah satu kelembagaan lokal yang dianggap dapat memberdayakan masyarakat karena memberikan pelayanan keterampilan kerja sekaligus pengalaman berwiraswasta. Beberapa permasalahan yang dihadapi KBU PKBM “Tresna Bhakti” yaitu masih relatif rendahnya motivasi warga belajar dalam mengikuti kegiatan KBU, sarana dan prasarana yang kurang menunjang, dan pemasaran yang tidak berkembang di ekonomi lokal. Sedangkan faktor–raktor yang menyebabkan KBU kurang berkembang adalah: Jenis keterampilan yang tidak aspirastif, kurangnya kerjasama dengan kelembagaan lokal dan swasta, kualitas instruktur yang tidak profesional, dan kurangnya partisipasi atau dukungan dari masyarakat. Upaya pengembangan KBU PKBM “Tresna Bhakti” diawali dengan menampung aspirasi dari warga belajar, pengelola dan instruktur melalui suatu diskusi yang membahas evaluasi pelaksanaan kegiatan KBU. Berdasarkan hasil diskusi kemudian disepakati untuk mengembangkan KBU yang aspiratif dan partisipatif yang melibatkan pemerintah, masyarakat dan swasta sesuai dengan konsep Good Governance (Tata Kelola Kepemerintahan yang baik). Saran/Rekomendasi, secara substansial; (1) PKBM; agar dapat membuat suatu kebijakan secara tertulis mengenai kesediaan warga belajar untuk mengabdikan dirinya mengembangkan KBU menjahit dan bengkel sepeda motor dalam rangka ikut mengurangi masalah kemiskinan dan pengangguran di Desa Cinyasag; (2) Pemerintah Desa; hendaknya dapat benar-benar melaksanakan fungsinya sebagai pembina, sekaligus sebagai pengawas yang memonitor pelaksanaan kegiatan KBU, sehingga kegiatan KBU dapat berjalan dengan baik dan produktif; (3) Masyarakat; Warga masyarakat di sekitar PKBM hendaknya dapat memberikan dukungan kepada warga belajar dalam usahanya mengembangkan KBU menjahit dan bengkel sepeda motor. Dukungan penuh dari warga masyarakat akan mendorong semangat dan jiwa wiraswasta dari warga belajar, sehingga nantinya mereka akan lebih siap jika ingin mendirikan usaha secara mandiri.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Social Groups |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 13:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10990 |
Actions (login required)
View Item |