Yatillah, Nur Khos (2025) Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kelas X di SMAN 24 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (7MB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, yang sebagian besar masih dilakukan secara konvensional. Alternatif solusi yang ditawarkan adalah penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual, yang mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis, aktif berdiskusi dan mengkontekstualisasikan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Kota Bandung, (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Kota Bandung dan (3) Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dari pada metode pembelajaran konvensional. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (Ha) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen, dengan desain Pre-test Post-Test. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar, wawancara, studi dokumentasi dan lembar observasi. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, perhitungan skor N-Gain, dan uji-t (independent sample test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-Test kelas eksperimen adalah 82.64, sedangkan kelas kontrol hanya 69.22. Nilai skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.48 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol hanya 0.12 (kategori rendah). Hasil uji-t menunjukkan p < 0.001, yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok kelas. Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga mengungkapkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa secara nyata dilapangan. Dengan demikian, hipotesis kerja (Ha) diterima, yang menyatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Media Audio Visual; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Education, Research Psychology > Education of Psychology Religious Education Curricula > Curriculum Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Khosyatillah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:27 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |