Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kelas X di SMAN 24 Kota Bandung

Yatillah, Nur Khos (2025) Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kelas X di SMAN 24 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, yang sebagian besar masih dilakukan secara konvensional. Alternatif solusi yang ditawarkan adalah penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual, yang mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis, aktif berdiskusi dan mengkontekstualisasikan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Kota Bandung, (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Kota Bandung dan (3) Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dari pada metode pembelajaran konvensional. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (Ha) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen, dengan desain Pre-test Post-Test. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar, wawancara, studi dokumentasi dan lembar observasi. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, perhitungan skor N-Gain, dan uji-t (independent sample test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-Test kelas eksperimen adalah 82.64, sedangkan kelas kontrol hanya 69.22. Nilai skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.48 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol hanya 0.12 (kategori rendah). Hasil uji-t menunjukkan p < 0.001, yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok kelas. Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga mengungkapkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa secara nyata dilapangan. Dengan demikian, hipotesis kerja (Ha) diterima, yang menyatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Media Audio Visual; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education, Research
Psychology > Education of Psychology
Religious Education
Curricula > Curriculum Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Khosyatillah
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:27
Last Modified: 26 Jun 2025 07:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109911

Actions (login required)

View Item View Item