Al-Fajri, Muhammad Mi'raj (2025) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) hubungannya dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian korelasional pada siswa kelas X SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
2_abstrak.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sehingga diperlukan penanganan yang intens. Salah satu faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yakni model pembelajaran yang digunakan kurang melibatkan siswa sehingga tidak sedikit dari mereka yang tidak memperhatikan kegiatan pembelajaran. Solusi yang ditawarkan mengenai permasalahan ini dengan menerapkan model pembelajaran RADEC agar kegiatan pembelajaran dapat melibatkan siswa yang dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini antara lain 1. Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran RADEC pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3. untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dengan motivasi belajar. Terwujudnya penelitian ini didasari bahwa model pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, baik intrinsic dan ekstrinsik. Model pembelajaran RADEC dinilai mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa seperti berfikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi dan daya kreatifitas. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa model pembelajaran RADEC memiliki hubungan dengan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas X SMA Mekar arum, dengan sampel 60 siswa yang diambil melalui teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran RADEC hubungannya dengan motivasi belajar berada pada angka 6,7%. Meskipun tergolong rendah, temuan ini tetap menunjukkan adanya hubungan positif antara penerapan model pembelajaran RADEC dengan motivasi belajar. Oleh karena itu, model pembelajaran RADEC dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat menunjang peningkatan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran RADEC; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. |
Subjects: | Education Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Mi'raj Al-Fajri |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:57 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |