Nurfajriliany, Arti (2018) Respon followers terhadap konten dakwah dalam akun instagram @hijabalila: studi deskriptif pada followers remaja akun instagram @hijabalila. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah mulai berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada abad ke-22. Perkembangan ini membuat proses dakwah menjadi lebih mudah dan meluas dalam menyampaikan informasi terutama bagi remaja yang idetik dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang media sosial. Melalui media sosial proses penyampaikan informasi kepada remaja menjadi tidak terbatas oleh ruang dan waktu, sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktifitas dakwah dimana dan kapan saja. Salah satu media sosial yang dijadikan sebagai media dakwah bagi remaja adalah @hijabalila yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media dakwah yang didirikan oleh Ummu Alila dan Tim. Dalam proses penyampaian dakwah Instagram @hijabalila ini berinovasi dengan menggunakan visual berupa tulisan kreatif dan video ilustrasi. Tema pembahasan mengenai permasalahan dalam kehidupan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon remaja mengenai fenomena dakwah dimedia sosial khususnya pada konten dakwah dalam akun instagram @hijabalila. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhatian, pemahaman dan penerimaan remaja terhadap konten dakwah, yang meliputi muballagh, materi dan efek yang diberikan oleh akun @hijabalila. Penelitian ini didasarkan pada asumsi sebuah model komunikasi, yaitu model S-O-R dari Hovland. Asumsi teori S-O-R kemudian dianalogikan dengan proses dakwah yang implementasinya identik dengan pesan (stimulus), komunikan (organism) dan efek (respon). Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dan teknik pengumpulan datanya melalui, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan dakwah kepada remaja dalam bentuk visual dengan tema yang disampaikan mengenai persoalan kehidupan remaja mendapatkan efek yang positif, ini berarti remaja memperhatikan konten dakwah yang diposting @hijabalila, mengerti atau memahami materi yang disampaikan dan mengalami perubahan sikap dan prilaku setelah memahami materi dari akun @hijabalila.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah Remaja; Media Sosial; Akun Instagram |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Arti Nurfajriliany |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 08:52 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 08:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10995 |
Actions (login required)
View Item |