Penggunaan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia

Fadhilah, Ditha Aulia Nur (2025) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
1212090043-Surat Pernyataan Karya Sendiri (1).pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1212090043_Lampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VI SDN Ciborerang 01 menunjukkan bahwa keterampilan menulis peserta didik masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis peserta didik disebabkan oleh media pembelajaran yang membosankan, sehingga peserta didik cenderung kurang aktif saat kegiatan belajar. Banyaknya peserta didik yang nilainya masih di bawah KKTP yaitu dibawah 75. Akibatnya peserta didik tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan menulis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum digunakanmedia pembelajaran media gambar, (2) proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan media gambar, (3) keterampilan menulis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah digunakan media gambar. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang rendah, setelah digunakannya media pembelajaran, terjadi peningkatan pada keterampilan menulis peserta didik yang dibuktikan dari peningkatan keterampilan pada setiap tindakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan, dengan empat tahap setiap tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini ada 30 peserta didik di kelas VI SDN Ciborerang 01. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahapan terakhir yaitu refleksi. Sumber data yang diperoleh menggunakan tes tertulis, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus pembelajaran tanpa media gambar menghasilkan nilai rata-rata peserta didik sebesar 60 dengan ketuntasan klasikal 37% yang dikategorikan sangat kurang. Pembelajaran dengan menerapkan media gambar terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik pada setiap siklusnya. Aktivitas peserta didik pada siklus I tindakan I sebesar 57,9% dan aktivitas guru sebesar 61,5%, aktivitas peserta didik pada siklus I tindakan II sebesar 67,7% dan aktivitas guru sebesar 69,2% sedangkan pada siklus II tindakan I aktivitas peserta didik sebesar 80,5% dan aktivitas guru sebesar 76,9%. Kemudian terjadi peningkatan aktivitas peserta didik pada siklus II Tindakan II 87,7% dan aktivitas guru sebesar 92,3%. Pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 73 dengan ketuntasan klasikal 63%. Selanjutnya pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 90 dengan ketuntasan klasikal 87%. Penelitian diangap selesai apabila ketuntasan klasikal mencapai 75% atau lebih. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik di kelas VI SDN Ciborerang 01.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar; Keterampilan Menulis; Bahasa Indonesia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ditha Aulia Nur Fadhilah
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:53
Last Modified: 30 Jun 2025 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110117

Actions (login required)

View Item View Item