Isabellita, Isabellita (2018) Model Penyajian Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Instagram : Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Desain Grafis Akun Official @kartun.muslimah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
halaman depan.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK1.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (785kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
Abstract
Penelitian ini berdasar pada pemikiran bahwa kurangnya penelitian yang meneliti sesuai dengan konsentrasi khitabah, salah satu penelitian yang sesuai dengan konsentrasi adalah penelitian menggunakan media sosial. Instagram merupakan bagian dari media sosial. Instagram lebih menekankan konsep desain grafis atau yang lebih dikenal dengan desain komunikasi visual yang dihubungkan dengan disiplin ilmu komunikasi yaitu komunikasi visual. Disertai dengan pemilihan akun yang mengarah kepada nilai dakwah. Akun tersebut adalah akun instagram @kartun.muslimah. Permasalahan diteliti berkenaan dengan pesan dakwah yang dibagikan melalui gambar akun instagram @kartun.muslimah dan penyajian pesan dakwah yang dikaitkan dengan unsur desain grafis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi (Content Analisys). Hasil penelitian diketahui akun instagram @kartun.muslimah memposting gambar berkaitan dengan pesan akidah, syariah, dan akhlak. Adapun penyajian pesan dakwahnya diketahui berdasar dengan objek dan teksnya dan adapula yang berdasar dari teksnya saja, diikuti dengan unsur komunikasi visual yaitu garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, tipografi dilihat dengan dua prinsip komunikasi visual yaitu keseimbangan (Balance) dan kesatuan (Unity). Selain itu peneliti juga menganalisis makna materi dakwah. Hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah dalam setiap karya-karya desain garis tersebut terdapat makna tersirat. Makna tersebut mengandung materi dakwah yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Sehingga peneliti klasifikasi tersebut sesuai dengan materi dakwah. Klasifikasi materi dakwa tersebut antara lain adalah Akidah, Syariah dan Akhlak. Kemudian terdapat inovasi dakwah, seperti terdapat unsur baru dan daya tarik dakwah yang dapat mendukung berkembangnya dakwah dalam bidang khitabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model; Penyajian pesan; Desain Grafis; Media sosial; Instagram |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia Color Arts Photography and Photographs > Dictionaries and Encyclopedia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | S.Sos isabellita rizlieavani |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 07:56 |
Last Modified: | 11 Jul 2018 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11012 |
Actions (login required)
View Item |