Zaenab, Siti (2025) Pengaruh kualitas layanan akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISM)
LEMBAR PERNYATAAN KARYA ILMIAH.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftarisi.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf Download (507kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan tinggi menuntut adanya layanan akademik yang optimal guna menunjang proses pembelajaran mahasiswa. Namun demikian, layanan akademik yang diberikan diduga tidak jarang menimbulkan masalah yang menghambat kepuasan mahasiswa, seperti keterlambatan informasi, ketidakhadiran petugas pelayanan, serta kurangnya sikap ramah dari staf akademik. Masalah tersebut diantaranya berdampak pada rendahnya persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan yang mereka terima. Oleh karena itu, peningkatan kualitas layanan akademik perlu menjadi perhatian utama guna mendorong kepuasan mahasiswa secara optimal. Penelitian ini kiranya bertujuan: 1) mengetahui kualitas layanan akademik di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2) mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik; 3) mengetahui pengaruh layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Layanan akademik mencoba indikator variabel X, yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangible). Hipotesis penelitian H1: Terdapat pengaruh dalam pelayanan akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini mencoba menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket terhadap 89 responden. Analisis data yang dilakukan meliputi uji coba instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analasis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (Uji Regresi Linear sederhana, uji T parsial, uji heteroskedastisitas, dan koefisien determinasi). Peneliti memprakirakan hasil uji korelasi bernilai 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dua variabel dalam penelitian ini. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,773 berada pada rentang 0,80–1,00, yang berarti bahwa layanan akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa memiliki hubungan yang sangat kuat. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,689 menunjukkan bahwa layanan akademik memberikan kontribusi sebesar 59,7% terhadap kepuasan mahasiswa, sementara sisanya, yaitu 40,3%, dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan Akademik, Kepuasan Mahasiswa |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration Higher Education, Universities > Faculty |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Zaenab |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:09 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |