Penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa

Malik, Adam and Handayani, Wahyuni and Tahyah, Nur (2017) Penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. In: BUNGA RAMPAI II. Cetakan II, I (II). Sekolah Pascasarjana UPI, Bandung, pp. 1-10. ISBN 978-602-73-597-96

[img]
Preview
Text
2. Buku Chapter-Dr. Adam Malik.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMKM 2 Cibiru Kota Bandung, menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat teacher center, siswa tidak terlibat langsung dalam memecahkan persoalan dan kurang dapat mengaplikasikan konsep dalam kehidupan sehingga Keterampilan Pemecahkan Masalah (KPM) masih rendah. Salah satu usaha mengatasi hal tersebut diterapkan model POGIL, yang dapat membimbing siswa melalui kegiatan eksplorasi untuk membangun pemahaman sendiri dari sumber atau informasi yang diperolehnnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model POGIL dan peningkatan KPM siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Penelitian dilakukan di kelas X TSM SMKM 2 Cibiru. Sampel sebanyak 32 siswa ditentukan dengan teknik simpel random sampling. Data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi dan data hasil peningkatan KPM siswa melalui tes uraian sebanyak sepuluh soal. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru berkategori baik (89,47%) dan aktivitas siswa berkategori baik (85,92%). Terdapat peningkatan KPM siswa dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang dan diperoleh juga Zhitung (4,82) > Ztabel (1,69). Dengan demikian model POGIL dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan KPM siswa

Item Type: Book Section
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr Adam Malik
Date Deposited: 08 Aug 2018 01:59
Last Modified: 08 Aug 2018 01:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item View Item