Analisis kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar

Balqis, Salma (2025) Analisis kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarsm.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan siswa yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal. Salah satunya yaitu siswa yang tidak mendapatkan penerimaan dan di-bully teman-teman kelasnya. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mendeskripsikan: 1) gambaran umum kecerdasan interpersonal siswa, 2) faktor penyebab dari adanya permasalahan siswa berkaitan dengan kecerdasan interpersonal, 3) upaya pembinaan kecerdasan interpersonal yang dilakukan oleh guru, 4) faktor pendukung dan penghambat dari upaya pembinaan kecerdasan interpersonal 5) solusi yang bisa dilakukan untuk membina kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini merujuk pada teori yang bersumber dari Gardner teorinya menjelaskan bahwa kecerdasan interpersonal dibangun dengan menyadari perbedaan di antara individu, dalam suasana hati, emosi, dan niat orang lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik análisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Penelitian dilaksanakan di SDN 216 Sondariah dengan siswa kelas V sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) gambaran umum kecerdasan interpersonal siswa kelas V berada pada kategori sedang, 2) faktor penyebab dari adanya permasalahan yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal, faktor internalnya dipengaruhi oleh kepribadian dan kesadaran diri siswa, faktor eksternal dipengaruhi oleh hubungan dan pola asuh yang terapkan oleh orang tua, lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar, serta penerimaan sosial, 3) upaya pembinaan belum dilakukan secara khusus, pembinaan dilakukan lebih kepada siswa yang mengalami permasalahan interpersonal yang cukup berat, 4) faktor pendukung dari upaya pembinaan kecerdasan interpersonal yaitu komitmen dan kerjasama guru dengan kepala sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu komitmen orang tua dan lingkungan tempat tinggal 5) solusi yang bisa dilakukan untuk membina kecerdasan interpersonal siswa yaitu dengan mengadakan program berkisah dan parenting orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: IPAS; kecerdasan interpersonal; siswa sekolah dasar
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salma Balqis Salma
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:58
Last Modified: 03 Jul 2025 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110946

Actions (login required)

View Item View Item