Syahdiah, Ainul (2025) Pengaruh digitalisasi administrasi terhadap kinerja guru: Penelitian di SDN 090 Cibiru Kota Bandung dan SDN Cibiru 06. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
3_LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
4_DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Digitalisasi administrasi merupakan proses transformasi sistem pengelolaan administrasi yang awalnya dilakukan secara manual menjadi berbasis digital dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Digitalisasi administrasi diwakili melalui implementasi sistem e-Kinerja yang menjadi alat untuk memantau, mencatat, dan mengevaluasi kinerja guru secara digital. Implementasi e-Kinerja di SDN 090 Cibiru dan SDN Cibiru 06 telah berjalan cukup baik, meskipun masih ditemukan kendala teknis, khususnya pada guru senior yang kurang terbiasa dengan teknologi digital. Dukungan dari tenaga kependidikan dan pelatihan dari sekolah menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi. Namun, keterbatasan fasilitas dan perbedaan literasi teknologi antar guru masih menjadi tantangan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pendampingan dan pelatihan berkelanjutan agar digitalisasi administrasi tidak menjadi beban tambahan, tetapi dapat benar-benar meningkatkan efisiensi dan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digitalisasi administrasi terhadap kinerja guru di SDN 090 Cibiru Kota Bandung dan SDN Cibiru 06. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Adapun data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi dengan jumlah responden sebanyak 60 guru. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistik, uji asumsi klasik (uji normalitas dan linearitas), uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis (uji t dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel X digitalisasi administrasi di SDN 090 Cibiru Kota Bandung dan SDN Cibiru 06 dikategorikan “Cukup” yaitu sebesar 3,28 berada pada interval 2,60-3,39. Kemudian realitas variabel Y kinerja guru di SDN 090 Cibiru Kota Bandung dan SDN Cibiru 06 dikategorikan “Tinggi” yaitu sebesar 3,92 berada pada interval 3,40-4,19. Selanjutnya berdasarkan hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa digitalisasi administrasi terhadap kinerja guru tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (nilai signifikansi 0,888 > 0,05). Koefisien regresi negatif (-0,018) menunjukkan arah hubungan yang lemah dan tidak bermakna secara statistik. Nilai R Square sebesar 0,000 mengindikasikan bahwa digitalisasi administrasi tidak menjelaskan variasi kinerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja guru lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lain di luar digitalisasi administrasi, seperti motivasi kerja, pengalaman, pelatihan, serta dukungan organisasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digitalisasi Administrasi; Kinerja Guru; E-Kinerja. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ainul nuy Syahdiah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:51 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |