Husaeni, Muhammad Fahri Ali (2025) Pengaruh penggunaan bahan ajar kitab Tanwirul Hija terhadap hasil belajar kognitif fiqih materi tharah santri: Penelitian kuantitatif pre-eksperimental di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah: MTs Pondok Pesantren Nurul Iman Cibaduyut Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak (1).pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (369kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh re ndahnya hasil belajar kognitif santri dalam mata pelajaran fikih, khususnya pada materi thaharah. Permasalahan utama disebabkan oleh penggunaan kitab klasik yang bahasanya sulit dipahami, kurang kontekstual dengan kehidupan santri, serta minimnya visualisasi dan evaluasi yang terstruktur. Kitab Tanwirul hija hadir sebagai bahan ajar alternatif dengan pendekatan yang lebih sederhana, sistematis, dan sesuai dengan karakteristik santri masa kini. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar kitab Tanwirul hija terhadap hasil belajar kognitif fikih materi thaharah pada santri kelas VIII A; dan (2) Menganalisis tingkat efektivitas penggunaan kitab Tanwirul hija dalam meningkatkan hasil belajar kognitif santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 40 santri kelas VIII A yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis yang disusun berdasarkan indikator ranah kognitif dalam Taksonomi Bloom. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji N-Gain, dan uji paired sample t-test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest santri adalah 7,23, sedangkan nilai rata-rata posttest mengalami peningkatan menjadi 8,60. Nilai N-Gain sebesar 0,63 menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan kitab Tanwirul hija. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kitab Tanwirul hija terbukti berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif santri pada materi fikih thaharah di kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Iman Cibaduyut Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Religious Education Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Fahri Ali Husaeni |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:06 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |