Nurasiah, Muti (2018) Kompetensi guru fisika berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK)dengan menggunakan model Shulman pada pembelajaran Momentum dan Impuls: Studi wacana kelas pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Cisaat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi guru fisika yang profesional dapat terukur melalui PCK. Teori PCK model Shulman menjelaskan tujuh pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi guru fisika pada pembelajaran momentum dan impuls serta mendeskripsikan kompetensi guru fisika berdasarkan PCK model Shulman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang sudah dikuasai dengan baik oleh guru adalah kategori pengetahuan materi subjek, pengetahuan konten pedagogi, pengetahuan kurikulum, pengetahuan strategi mengajar, dan pengetahuan konteks pembelajaran. Kompetensi yang belum dikuasai dengan baik yaitu pada kategori pengetahuan pedagogi umum, pengetahuan konten pedagogi, serta pengetahuan pembelajar dan karakteristiknya. Analisis dilakukan dengan melihat setiap indikator pada komponen PCK model Shulman yang dikuasai oleh guru. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PCK model Shulman oleh guru fisika maupun guru mata pelajaran lain untuk mendukung keberhasilan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fisika; PCK; PCK model Shulman; kompetensi guru fisika; momentum; impuls |
Subjects: | Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muti Muti Nurasiah |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 07:57 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 07:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11109 |
Actions (login required)
View Item |