Al Adawiyah, Nida Robiah (2018) Kompetensi Guru Fisika Berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan Menggunakan Model Magnusson pada Pembelajaran Usaha dan Energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
Abstract
Guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran di lapangan merupakan faktor sangat penting dalam mewujudkan pembelajaran yang bermakna. Seyogianya seorang guru mempunyai kompetensi tentang bagaimana mengajarkan materi pelajaran kepada peserta didiknya. Kompetensi tersebut dapat menuntun guru untuk merangkai situasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu atau kelompok peserta didik. Pengetahuan yang menghubungkan antara materi pelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik dengan cara membelajarkannya disebut Pedagogical Content Knowledge (PCK). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kompetensi guru fisika pada pembelajaran usaha dan energy melalui analisis RPP dan tanggapan peserta didik 2) mendeskripsikan kompetensi guru fisika pada pembelajaran usaha dan energi berdasarkan PCK model Magnusson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru fisika di SMA Al-Islam Bandung. Hasil penelitian menunjukkan 1) melalui analisis RPP dan tanggapan peserta didik, kompetensi guru fisika dalam membelajarkan konsep usaha dan energi pada umumnya sudah dapat mempertimbangkan kondisi peserta didik dan cukup fleksibel dalam penyusunan tujuanpembelajran usaha dan energi, serta pemilihan konsep yang baik. 2) Guru dapat menggambarkan kompetensi pengetahuannya berdasarkan PCK model Magnusson pada pembelajaran usaha dan energi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penting untuk mendeskripsikan kemampuan PCK guru agar diketahui kelebihan dan kekurangan serta apa yang bisa dikembangkan dari kemampuan PCK guru tersebut, sehingga senantiasa lebih baik dari waktu ke waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PCK;Magnusson;Kompetensi Guru;Usaha dan Energi |
Subjects: | Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nida Robiah Al Adawiyah |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 07:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 07:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11112 |
Actions (login required)
View Item |