Ramadhani, Neng Ayu Esty (2018) Lama mengajar guru fisika berdasarkan pedagigical content knowledge(PCK)dengan menggunakan model shulman pada pembelajaran karakteristik gelombang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
Abstract
Pada saat mengajar sains secara efektif, seorang guru dituntut untuk paham dan mampu mengintegrasikan pengetahuan konten ke dalam pengetahuan kurikulum pembelajaran, mengajar, dan peserta didik. PCK antara satu guru dengan guru yang lain bisa terdapat persamaan dan perbedaan. Hal tersebut dipengaruhi oleh konteks mengajar, penguasaan konten dan pengalaman guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi guru fisika berdasarkan lama mengajar pada pembelajaran karakteristik gelombang dan mendreskripsikannya berdasarkan PCK model Shulman. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan analisis wacana yang dilaksanakan di SMAN Kasokandel Majalengka. Sampel yang digunakan adalah dua orang guru fisika yang memiliki lama pengalaman mengajar yang berbeda. Lama mengajar guru fiska menunjukan bahwa guru N yang lama mengajarnya dua puluh tiga tahun cenderung lebih fleksibel ketika menggunakan strategi mengajar disesuaikan dengan dilapangan dan keadaan peserta didik. Guru FL yang memiliki pengalaman mengajar selama satu tahun lebih fokus pada kedalaman materi dan model-model pembelajaran yang digunakan, penggunaan strategi cenderung kurang fleksibel, dan lebih pada perencanaan yang sudah dibuat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; PCK; PCK model Shulman; Lama Mengajar; Karakteristik Gelombang |
Subjects: | Education, Research Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Neng Ayu Esty Ramadhani |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 08:04 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 08:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11114 |
Actions (login required)
View Item |