Pemahaman siswa SMA BPI 1 Bandung tentang jurnalistik radio

Surianata, Raden Verdi Febrian (2025) Pemahaman siswa SMA BPI 1 Bandung tentang jurnalistik radio. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA: Jurnalistik radio sudah menjadi salah satu kegiatan untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan siswa-siswa di SMA karena memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan ide, melatih kemampuan komunikasi, dan mengasah kepekaan terhadap isu-isu sosial di sekitarnya. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar menyampaikan informasi secara akurat dan menarik, tetapi juga membentuk sikap kritis dan tanggung jawab terhadap informasi yang mereka produksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman siswa anggota Radio B One di SMA BPI 1 Bandung mengenai jurnalistik radio, serta mendeskripsikan pemaknaan siswa anggota Radio B one di SMA BPI 1 Bandung mengenai jurnalistik radio, dan mendeskripsikan pengalaman siswa anggota Radio B One di SMA BPI 1 Bandung mengenai jurnalistik radio. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori fenomenologi dan teori interaksi simbolik, karena keduanya memberikan kerangka yang relevan untuk memahami bagaimana siswa membentuk makna dari pengalaman mereka dalam kegiatan jurnalistik radio.Teori ini digunakan karena memungkinkan peneliti untuk menggali lebih dalam persepsi subjektif siswa terhadap kegiatan yang mereka ikuti, serta bagaimana pengalaman tersebut memengaruhi cara berpikir dan perilaku mereka dalam konteks pembelajaran non-formal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menggunakan paradigma konstruktif sebagai sumber data. Pendekatan ini dipilih karena mampu menggambarkan secara mendalam dan holistik realitas sosial yang kompleks, khususnya dalam memahami pengalaman subjektif siswa yang terlibat dalam kegiatan jurnalistik radio sekolah. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara secara mendalam dan berinteraksi langsung dengan siswa Tujuannya adalah untuk mengetahui individu informan secara lebih utuh melalui interaksi dan pengalaman mereka, serta untuk menangkap realitas sosial dari sudut pandang mereka sendiri. Hasil penelitian berdasarkan tujuan penelitian,yang pertama pemahaman jurnalistik radio sebagai pusat informasi, sebagai profesi, dan jurnalistik radio memiliki peran untuk menghibur juga menambah wawasan. Pemaknaan dibuat menjadi dua kategori yaitu pemaknaan jurnalistik radio sebagai pembentukan kepribadian dan sebagai prestasi belajar. Pengalaman jurnalistik radio dibagi menjadi tiga bagian untuk mendeskripsikan pengalaman informan. Tiga bagian ini diantaranya adalah pengalaman melakukan kegiatan secara langsung, pengalaman menyenangkan, dan pengalaman belajar. ENGLISH: Radio journalism has become one of the key activities for developing creativity and skills among high school students, as it offers a platform for students to express their ideas, practice communication skills, and cultivate awareness of surrounding social issues. Through this activity, students not only learn to convey information accurately and engagingly, but also develop critical thinking and a sense of responsibility toward the information they produce. The aim of this research is to describe the understanding of radio journalism among student members of Radio B-One at BPI 1 High School Bandung, to explore how they interpret the concept of radio journalism, and to examine their experiences in engaging with radio journalism activities. This study employs phenomenological theory and symbolic interactionism theory, as both provide relevant frameworks for understanding how students construct meaning from their experiences in radio journalism. These theories enable a deeper exploration of the students’ subjective perceptions and how these experiences shape their thinking and behavior in the context of non-formal learning environments. A qualitative research method was adopted, using a constructivist paradigm as the basis for data collection. This approach was selected to provide an in-depth and holistic description of complex social realities, especially in understanding the subjective experiences of students participating in school-based radio journalism. In-depth interviews and direct interactions with students were conducted to gain comprehensive insights into their individual perspectives and to capture social reality from their point of view. The research findings, based on the stated objectives, indicate three main areas of understanding: radio journalism is perceived as a source of information, a professional path, and a medium for entertainment and expanding knowledge. The meaning attributed to radio journalism was categorized into two: as a tool for personal development and as an academic achievement. Student experiences in radio journalism were grouped into three categories: direct participation in activities, enjoyable experiences, and learning experiences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: fenomenologi; jurnalistik radio; pemahaman; siswa
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Raden Verdi Febrian Surianata
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:23
Last Modified: 04 Jul 2025 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111184

Actions (login required)

View Item View Item