Ni'mah, Ainun (2025) Respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran spin wheel hubungannya dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas X TKJ SMKN 13 kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_pernyataankaryasendiri.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan dan observasi yang dilakukan di kelas X TKJ SMKN 13 Bandung, diperoleh bahwa guru PAI dan Budi Pekerti sudah menerapkan media pembelajaran spin wheel. Akan tetapi, fakta lapangan menunjukkan ada masalah yang serius pada aktivitas belajarnya seperti siswa tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan, siswa bermain handphone dan tertidur ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran spin wheel, 2) Aktivitas belajar mereka pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti, 3) Respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran spin wheel hubungannya dengan aktivitas belajar mereka pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini didasarkan pada teori yang ada menyatakan bahwa media pembelajaran spin wheel berpengaruh positif dalam pembelajaran karena meningkatkan aktivitas belajar siswa terutama pada tingkat keaktifan siswa pada proses pembelajaran. Maka dari itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran spin wheel dengan aktivitas belajar mereka pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Langkah-langkah pada penelitian ini meliputi: 1) Pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, 2) Sumber penelitian siswa kelas X TKJ SMKN 13 Bandung dengan populasi 103 siswa dan diambil sebanyak 46 sampel, 3) Tempat dan waktu penelitian di SMKN 13 Bandung dari tanggal 15 Mei 2025, 4) Teknik pengumpulan data ini melalui angket, observasi, wawancara dan studi dokumen, 5) Teknik analisis data menggunakan analisis parsial dan korelasional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMKN 13 Bandung respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran spin wheel termasuk dalam kualifikasi positif, dengan nilai rata-rata 3,72 dan berada pada interval 3,40 – 4,19. Aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti tergolong aktif, dengan nilai rata-rata 3,64 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran spin wheel hubungannya dengan aktivitas belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X TKJ SMKN 13 Bandung berada dalam kategori sedang, dengan nilai korelasi 0,51 yang berada pada interval 0,40 – 0,70. Hasil uji hipotesis yaitu 3,913 > 1,680 atau thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Adapun pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 25,81% dan sisanya 74,19% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Spin Wheel; Respon Siswa; Aktivitas Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ainun Ni'mah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:08 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 04:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |