Strategi pelayanan jamaah dalam meningkatkan kemakmuran masjid: Penelitian di Masjid Sejuta Pemuda Kota Sukabumi

Muslim, Hafidz (2025) Strategi pelayanan jamaah dalam meningkatkan kemakmuran masjid: Penelitian di Masjid Sejuta Pemuda Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LPPS_Hafidz Muslim.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN (80).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran masjid sebagai pusat pelayanan umat, tidak hanya dalam aspek ibadah ritual, tetapi juga dalam ranah sosial, spiritual, dan pendidikan. Masjid Sejuta Pemuda di Kota Sukabumi menjadi salah satu contoh menarik yang menerapkan strategi pelayanan inovatif dan berbasis kebutuhan jamaah sebagai upaya untuk meningkatkan kemakmuran masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pelayanan jamaah yang diterapkan oleh pengurus Masjid Sejuta Pemuda serta kontribusinya terhadap peningkatan kemakmuran masjid. Penelitian ini menggunakan teori manajemen strategi Fred R. David (2011) yang dikontekstualisasikan ke dalam tiga tahapan: pemahaman kondisi objektif, implementasi strategi, dan evaluasi atau implikasi strategi pelayanan jamaah. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif terhadap strategi yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan kondisi objektif pelayanan Masjid Sejuta Pemuda sangat konsisten dan inklusif. Masjid ini menyediakan sarana ibadah yang memadai, seperti tempat wudhu bersih dan imam yang fasih. Berbagai layanan sosial unggulan turut hadir, contohnya program Dapur Bagi-Bagi, dan penginapan musafir gratis. Meskipun didukung fasilitas lengkap, pelayanan ini masih terkendala SOP, ketergantungan donatur, dan keterbatasan pengurus masjid. Metode dan pendekatan implementasinya meliputi social mapping untuk perencanaan, design thinking dalam penyusunan program, serta pendekatan jam khidmat yang disiplin dalam pelaksanaannya. Kontribusi strategi pelayanan jamaah ini terhadap kemakmuran masjid terlihat jelas dalam beberapa aspek yaitu secara spiritual, terjadi peningkatan kualitas ibadah dan pemahaman keagamaan melalui program One Day One Juz. Dalam aspek pendidikan didukung oleh kajian D'Youth Space. secara sosial, masjid menjadi sentra komunitas yang solid dan ruang solidaritas seperti santunan, serta keberadaan Coffe and Healthy Bar. Secara fisik, fasilitas masjid optimal dalam pemanfaatan dan perawatannya, termasuk area parkir yang nyaman. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada model pelayanan berbasis kesetaraan, keberlanjutan sosial, dan pendekatan relasional antara masjid dan jamaah yang belum banyak diangkat dalam studi serupa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan; Manajemen Masjid; Kemakmuran Masjid; Masjid Sejuta Pemuda; Masjid; Pelayanan
Subjects: Islam > Mosques
Islam > Islamic Religious Education
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Hafidz Hafidz Hafidz Muslim
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:40
Last Modified: 09 Jul 2025 07:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111593

Actions (login required)

View Item View Item