Febriani, Riska (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Form-Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Rancangan-Riska Febriani[1].pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (355kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial beberapa peserta didik kelas IV SD Negeri Bukit Mulya. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas menunjukkan bahwa dari 40 peserta didik sebagian besar peserta didik kurang dalam keterampilan sosial. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui; 1) Keterampilan sosial peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick 2) penerapan model pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik 3) Hasil keterampilan sosial setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Bukit Mulya dengan jumlah peserta didik 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial peserta didik pada prasiklus sebesar 56% (kurang). Kemudian, pembelajaran dilanjutkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick dengan proses pembelajaran dapat dilihat peningkatan setiap siklusnya. Aktivitas peserta didik siklus I tindakan kesatu 65,42% (cukup) tindakan kedua 70,83% (cukup), siklus II tindakan kesatu 77,08% (baik) tindakan kedua 83,33% (baik), siklus III tindakan kesatu 88,96% (sangat baik) tindakan kedua 91,67% (sangat baik). Aktivitas guru siklus I tindakan kesatu 71,43% (cukup) tindakan kedua 78,57% (baik), siklus II tindakan kesatu dan tindakan kedua 85,71% (baik), siklus III tindakan kesatu 92,86 (sangat baik) tindakan kedua 100% (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial peserta didik dalam setiap siklus. Pada prasiklus, persentase skor rata-rata angket sebesar 57,21% (kurang). Setelah tindakan dilakukan kembali dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick, hasil persentase angket meningkat menjadi 67,96% (cukup) siklus I, 78,08% (baik) siklus II dan 86,17% (sangat baik) siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN Bukit Mulya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick; keterampilan sosial; IPAS |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Riska Febbriani |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 05:57 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 05:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |