Rahmadina, Habibah (2025) Respon siswa terhadap kegiatan halaqah tarbawiyah hubungannya dengan karakter jujur: Penelitian terhadap siswa kelas XI MA Al-Kahfi Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
SK Bebas Plagiarisme (4).pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (377kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di MA Al-Kahfi Kabupaten Bogor, ditemukan berbagai permasalahan terkait karakter jujur di kalangan siswa, seperti penggunaan ponsel secara ilegal, menggunakan barang orang lain tanpa izin, menutupi kesalahan diri sendiri atau teman, serta berpura-pura sakit untuk menghindari kegiatan sekolah. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara nilai-nilai kejujuran yang diajarkan dengan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga perlu dikaji hubungan antara respon siswa terhadap kegiatan halaqah tarbawiyah dengan karakter jujur yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Respon siswa terhadap kegiatan halaqah tarbawiyah; (2) Karakter jujur siswa; (3) Hubungan antara respon siswa terhadap kegiatan halaqah tarbawiyah dengan karakter jujur di kelas XI MA Al-Kahfi Kabupaten Bogor. Dalam pembentukan karakter jujur, dibutuhkan suatu metode pendidikan yang sistematis dan berkelanjutan untuk menanamkan nilai-nilai moral secara efektif. Kegiatan halaqah tarbawiyah merupakan salah satu metode pembinaan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keimanan, Islam, dan akhlak pada siswa melalui pendekatan kelompok kecil dengan bimbingan seorang murabbi yang berperan sebagai pendidik dan teladan. Dengan respon positif siswa terhadap kegiatan halaqah tarbawiyah, diduga akan berkorelasi secara signifikan dengan peningkatan karakter jujur dalam diri mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan 50 siswa kelas XI MA Al-Kahfi Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji instrumen penelitian, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, analisis korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Respon siswa terhadap kegiatan halaqah tarbawiyah termasuk kategori positif dengan skor rata-rata 4,18; (2) Karakter jujur siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,27; 3) Hubungan antara respon siswa terhadap kegiatan halaqah tarbawiyah dengan karakter jujur mereka di kelas XI MA Al-Kahfi Kabupaten Bogor adalah: (a) Koefisien korelasi yang diperoleh termasuk dalam kategori kuat, berdasarkan nilai 0,600 yang berada pada interval 0,60 – 0,79; (b) Hipotesis dinyatakan diterima karena nilai rhitung (0,600) > nilai rtabel (0,279). Hal ini berarti bahwa semakin positif respon siswa terhadap kegiatan halaqah tarbawiyah, maka semakin tinggi pula karakter jujur yang dimiliki oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | halaqah tarbawiyah; respon siswa; karakter jujur |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Habibah Rahmadina |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:05 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |