Fauziah, Fani (2022) Penerapan model interactive Conceptual Instructive (ICI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Fluida Statis: Penelitian Pre-Experimental di kelas XI Man 1 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN111.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (384kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ber tujuan untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instructive (ICI), dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran ICI. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan eksperimen yang dilakukan hanya pada satu kelompok peserta didik tanpa adanya kelompok pembanding (one-group pretest-posttest design). Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas XI MIPA MAN 1 Bandung yang berjumlahkan 30 peserta didik. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi (LO), lembar kerja peserta didik (LKPD), 12 soal keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran ICI mendapatkan skor sebesar 79.87% untuk keterlaksanaan aktivitas guru, dan 78.76% untuk keterlaksanaan aktivitas peserta didik, dengan kata lain, keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik mendapatkan kategori baik. Hasil belajar hasil belajar yang diperoleh dari keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran ICI, dengan perolehan N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi Selain itu, berdasarkan perolehan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa nilai Sig. mendapatkan hasil 0.000, dengan taraf signifikasi 0.05 (Sig. < α).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interactive Conceptual Instructive (ICI); Keterampilan Berpikir Kritis; Fluida Statis |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs. Fani Fauziah |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:27 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |