Resepsi pembelajaran Qur'an isyarat bagi anak tunarungu di Rumah Qur'an Isyaroh Bandung

Ilmi, Husna Dhiyaul (2025) Resepsi pembelajaran Qur'an isyarat bagi anak tunarungu di Rumah Qur'an Isyaroh Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam konteks penyandang disabilitas, khususnya tunarungu, proses pembelajaran Al-Qur’an mengalami tantangan tersendiri. Rumah Qur’an Isyaroh Bandung hadir sebagai lembaga yang menggunakan metode Qur’an isyarat untuk menjawab kebutuhan anak-anak tunarungu dalam mempelajari Al-Qur’an. Fenomena ini menjadi bentuk nyata dari resepsi, ketika nilai-nilai Al-Qur’an dihidupkan dalam bentuk yang disesuaikan dengan kondisi sosial dan kemampuan individu yang membentuk penerimaan mereka terhadap Al-Qur’an. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Qur’an isyarat yang diterapkan terhadap anak-anak tunarungu di Rumah Qur’an Isyaroh Bandung, dan menganalisis bagaimana anak-anak tunarungu tersebut memahami, menerima, dan merespon Qur’an isyarat, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data, yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer pada penelitian ini adalah observasi langsung di tempat penelitian dan wawancara bersama para Informan, adapun data sekunder penelitian ini adalah dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Qur’an isyarat di Rumah Qur’an Isyaroh Bandung efektif dalam memenuhi kebutuhan belajar anak-anak tunarungu dalam memahami dan mempelajari Al-Qur’an melalui metode tilawah berbasis bahasa isyarat. Berdasarkan teori resepsi Hans Robert Jauss, resepsi anak-anak tunarungu terhadap pembelajaran Qur’an isyarat meliputi: (1) Horizon harapan, anak-anak tunarungu mencerminkan motivasi yang kuat dan beragam pada aspek spiritual dan sosial yang membentuk ekspektasi belajar mereka dalam pembelajaran Qur’an isyarat; (2) Peran aktif pembaca, tampak dari keterlibatan emosional, partisipasi, serta kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan selama proses pembelajaran Qur’an isyarat, mereka tidak hanya menerima secara pasif, melainkan secara aktif terlibat; (3) Pengaruh konteks sosial dan historis, tercermin dari anak-anak tunarungu dalam menanggapi pembelajaran berdasarkan pengalaman belajar dan dukungan sekitar yang mempengaruhi penerimaan mereka terhadap Qur’an isyarat; (4) Pemaknaan dan penilaian, hasil terhadap pembelajaran Qur’an isyarat, yang menunjukkan respon positif mereka, ditandai dengan perubahan sikap, emosional, dan peningkatan ibadah. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran Qur’an isyarat tidak hanya sebagai media pembelajaran, namun juga jalan untuk menghadirkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan anak-anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Qur’an Isyarat; Resepsi; Anak Tunarungu
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Sign Language
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Husna Dhiyaul Ilmi
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:58
Last Modified: 09 Jul 2025 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111679

Actions (login required)

View Item View Item