Marlina, Marlina (2018) Teori behavior dengan teknik reward dalam meningkatkan motivasi hafalan surat pendek Al-Quran: Penelitian pada kelas B di Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKA) Darussalam Sekeawi kecamatan Pameungpeuk kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Menghafal Al-Quran merupakan suatu kegiatan yang mengikut sertakan aktivitas ingatan di dalamnya. Maka dari sangat perlu menanamkan dan menumbuhkan kecintaan anak pada Al-Quran sejak dini, karena menurut pakar Psikologi, daya ingat pada masa anak-anak sangatlah kuat. Dalam proses hafalan tersebut diperlukannya rangsangan motivasi sebagai pemberi semangat agar anak merasa senang. Cara yang digunakan oleh guru/pembimbing di TKA Darussalam untuk menumbuhkan motivasi pada anak-anak, yaitu dengan pemberian reward. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses, hasil dan faktor-faktor yang mempengaruhi dari pelaksanaan teori behavior dengan teknik reward dalam meningkatkan motivasi hafalan surat pendek Al-Quran pada kelas B di Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKA) Darussalam. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa rangsangan untuk meningkatkan motivasi belajar ini salah satunya adalah dengan memberikan reinforcement berupa pemberian reward. Reward merupakan satu rangkaian yang dihubungkan dengan dorongan atau dukungan yang dimiliki oleh paham teori behavior. Teori behavior merupakan teori belajar yang lebih mengutamakan pada perubahan tingkah laku siswa sebagai akibat adanya stimul dan respon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penyimpulan akhir (verifikasi). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan teknik reward dalam meningkatkan motivasi hafalan surat pendek al-Quran pada kelas B di TKA Darussalam menunjukkan hasil yang efektif dan sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi hafalan anak-anak. Teknik reward yang digunakan oleh pembimbing/guru yaitu, reward verbal (Pujian & mendoakan); dan reward non-verbal (gestur tubuh “senyuman, anggukan, tepuk tangan, acungan jempol”, dan penghargaan “sertifikat, piagam, bintang”). Hasil dari pemberian reward ini, anak-anak sangat merasa senang hal ini terlihat dari bahasa tubuhnya seperti kegiarangan, anak lebih bersemangat dalam menghafal setelah diberikan penghargaan. Faktor yang mempengaruhinya ada faktor pendukung yaitu timbulnya niat yang ikhlas dan semangat dari diri anak, anak memiliki rasa percaya diri, anak optimis akan berhasil menghafal Al-Quran, dan kesabaran dari guru. Sedangkan faktor Penghambatnya yaitu, adanya kejenuhan konsentrasi anak; kehadiran anak; kurangnya kerjasama dari orang tua; dan pengeluaran untuk pemberian penghargaan berupa benda dibeli dengan uang pribadi; dan ada beberapa anak yang menanyakan hadiah apa yang akan diperoleh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori Behavior; Reward; Motivasi; Hafalan Al-Quran |
Subjects: | Psychology > Education of Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Marlina Marlina |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 07:38 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 07:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11168 |
Actions (login required)
View Item |