Anhar, Abdullah Saepul (2025) Pengembangan komik keanekaragaman vertebrata di kawasan gunung puntang sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (484kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Hutan Gunung Puntang kaya akan flora dan fauna, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar keanekaragaman hayati. Namun, kurangnya media pembelajaran inovatif menjadi tantangan dalam penyampaian materi secara efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan komik edukasi tentang keanekaragaman vertebrata di Gunung Puntang sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 3-D (Define, Design, Development). Tahap define meliputi analisis kebutuhan dan identifikasi karakteristik peserta didik. Tahap design mencakup perancangan konsep komik, alur cerita, ilustrasi, dan pengemasan informasi. Tahap development melibatkan pembuatan prototipe, validasi ahli, serta uji keterbacaan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik kenekaragaman vertebrata di kawasan Gunung Puntang valid dan layak digunakan, dengan rata-rata skor penilaian 85% (ahli materi 88%, ahli media 83%, dan guru IPA 86%). Keterbacaan siswa terhadap komik ini juga tergolong sangat baik, dengan skor rata-rata 88%. Komik ini dapat dipahami dengan mudah dan menarik perhatian siswa, sehingga berpotensi menjadi media pembelajaran yang relevan dalam mendukung pemahaman keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | kolom references tidak bisa diisi |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Biologi; Komik; Media |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Technology, Applied Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Abdullah Saepul Anhar |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |