Pengembangan komik keanekaragaman vertebrata di kawasan gunung puntang sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati

Anhar, Abdullah Saepul (2025) Pengembangan komik keanekaragaman vertebrata di kawasan gunung puntang sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Hutan Gunung Puntang kaya akan flora dan fauna, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar keanekaragaman hayati. Namun, kurangnya media pembelajaran inovatif menjadi tantangan dalam penyampaian materi secara efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan komik edukasi tentang keanekaragaman vertebrata di Gunung Puntang sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 3-D (Define, Design, Development). Tahap define meliputi analisis kebutuhan dan identifikasi karakteristik peserta didik. Tahap design mencakup perancangan konsep komik, alur cerita, ilustrasi, dan pengemasan informasi. Tahap development melibatkan pembuatan prototipe, validasi ahli, serta uji keterbacaan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik kenekaragaman vertebrata di kawasan Gunung Puntang valid dan layak digunakan, dengan rata-rata skor penilaian 85% (ahli materi 88%, ahli media 83%, dan guru IPA 86%). Keterbacaan siswa terhadap komik ini juga tergolong sangat baik, dengan skor rata-rata 88%. Komik ini dapat dipahami dengan mudah dan menarik perhatian siswa, sehingga berpotensi menjadi media pembelajaran yang relevan dalam mendukung pemahaman keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: kolom references tidak bisa diisi
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Biologi; Komik; Media
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Saepul Anhar
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:43
Last Modified: 30 Jul 2025 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111704

Actions (login required)

View Item View Item