Tanggapan siswa terhadap pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran hubungannya dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian di kelas VII MTsN Ciparay

Sopiah, Pipih (2009) Tanggapan siswa terhadap pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran hubungannya dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian di kelas VII MTsN Ciparay. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstark.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR_ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab1.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB III)
bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB IV)
bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya fenomena di MTsN Ciparay khususnya pada siswa VII yaitu minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kurang baik padahal guru mata pelajaran tersebut telah menggunakan metode diskusi yang dapat meningkatkan minat belajar yaitu metode diskusi. Dari fenomena ini menarik untuk diteliti tentang bagaimana tanggapan siswa terhadap pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Ciparay? Bagaimana minat belajar siswa MTsN Ciparay pada bidang studi Aqidah Akhlak? Bagaimana hubungan metode diskusi dengan minat belajar siswa pada Mata Pelajar Aqidah Akhlak? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan metode diskusi dengan minat belajar di MTsN Ciparay, Mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Ciparay, Mengetahui hubungan metode diskusi dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap pelksanaan metode diskusi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Dari pemikiran tersebut dapat ditarik hipotesis: semakin tinggi tanggapan siswa terhadap pelaksanaan metode diskui dalam pembelajaran,mka akan tinggi pula minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Data hasil peelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa tanggapan siswa kelas VII MTsN Ciparay pada pelaksanaan metode diskusi dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak tergolong cukup angka rata-rat 3,5, Minat belajar siswa berkategori cukup dengan angka rata-rata 3,2, Adapun hubungan nilai korelasi antara Variabel X dengan Variabel Y di tunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 3,2 dengan kualifikasi cukup 2,5-3,5. Nmun berdasarkan pengujian t hitung (703,7) dan t table (1,677), Koefisien korelasi tersebut signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa; Metode Diskusi; Pembelajaran;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 02:03
Last Modified: 29 Jan 2020 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item