Branding dan institusionalisasi partai politik : Studi deskriptif Branding Seger 8ener dan institusionalisasi partai keadilan sejahtera pada Pemilu legislatif 2024 di Kota Bandung

ihsan, m.miftahul (2025) Branding dan institusionalisasi partai politik : Studi deskriptif Branding Seger 8ener dan institusionalisasi partai keadilan sejahtera pada Pemilu legislatif 2024 di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Institusionalisasi partai politik merupakan aspek yang sangat krusial bagi keberlangsungan dan efektivitas fungsi sebuah partai politik dalam sistem demokrasi. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara konsisten berupaya memperkuat kelembagaan partainya melalui berbagai strategi, salah satunya adalah dengan melakukan rebranding logo partai. Upaya ini kemudian diperkuat melalui kampanye bertajuk Seger 8ener pada Pemilihan Umum Legislatif 2024. Fenomena ini menarik untuk dikaji lebih dalam, khususnya terkait bagaimana institusionalisasi PKS berhubungan dengan strategi branding Seger 8ener dalam kampanye politiknya. Oleh karena itu, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana hubungan antara proses institusionalisasi PKS dengan strategi branding Seger 8ener dalam kampanye politik Pemilu 2024 di kota Bandung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterkaitan antara proses institusionalisasi partai politik dengan strategi branding yang digunakan, khususnya untuk mengetahui sejauh mana branding Seger 8ener mencerminkan pelembagaan PKS sebagai partai politik yang tidak hanya ideologis, tetapi juga komunikatif dan adaptif terhadap perubahan sosial-politik, terutama di lingkungan urban seperti Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir institusionalisasi partai politik dari Randall dan Svasand yang mencakup tiga dimensi utama: Party identification (identifikasi partai), Value infusion (penyusupan nilai), dan Reification (penguatan citra publik). Ketiga dimensi tersebut digunakan untuk melihat apakah branding kampanye Seger 8ener berkontribusi terhadap proses pelembagaan partai atau sekadar menjadi instrumen komunikasi elektoral jangka pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan merujuk pada teori institusionalisasi dan konsep branding politik sebagai pisau analisis utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding Seger 8ener tidak hanya berperan sebagai strategi komunikasi politik, tetapi juga berhasil memperkuat institusionalisasi PKS di Kota Bandung. Dalam dimensi Party id, branding ini tetap mengusung nilai-nilai dasar keislaman sambil mengakomodasi segmentasi pemilih yang lebih luas. Pada aspek Value infusion, branding tersebut memperkuat keterhubungan antara partai dan konstituen muda. Sedangkan dalam dimensi Reification, branding Seger 8ener berhasil meningkatkan visibilitas dan pengenalan publik terhadap PKS melalui pendekatan visual baik digital maupun cetak dan kampanye dengan aktivitas sosial yang konsisten. Dengan demikian, branding Seger 8ener menjadi instrumen strategis dalam memperkuat kelembagaan partai secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Institusionalisasi; Branding Politik; PKS
Subjects: Political dan Government Science
Political Process > Practical Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: tuan m.miftahul ihsan
Date Deposited: 11 Jul 2025 04:07
Last Modified: 11 Jul 2025 04:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112043

Actions (login required)

View Item View Item