Dermawanty, Alfina (2025) Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan rasa percaya diri belajar siswa: Penelitian di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
Sk Plagiasi.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan bahwa terdapat siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah seperti merasa takut untuk mengemukakan pendapat, malu tampil di hadapan kelas, tidak memberikan tanggapan saat diajukan pertanyaan oleh guru, serta cenderung merasa rendah diri, cenderung pasif daripada aktif dalam menjawab pertanyaan guru. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan rasa percaya diri belajar siswa. Dengan harapan, penelitian dapat diperoleh hasil mengenai pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan rasa percaya diri belajar siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka. Penelitian ini mengacu berdasarkan aspek-aspek bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, teori Suryosubroto (2009) yang digunakan yaitu: persiapan atau perencanaan diskusi, pelaksanaan diskusi, tindak lanjut setelah diskusi. Sementara teori Mildawani (2014) rasa percaya diri belajar siswa di ukur melalui aspek-aspek: keyakinan, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner skala bertingkat. Objek penelitian ini sebanyak 26 sampel atau 20% dari populasi total yaitu sebanyak 130 siswa yang tersebar dari berbagai kelas XI di MAN 1 Majalengka dipilih menggunakan teknik Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan rasa percaya diri belajar siswa, seperti terdapat di hasil uji regresi linier sederhana yaitu 0,001 < 0,05, artinya variabel bimbingan kelompok dengan teknik diskusi memiliki pengaruh positif pada variabel peningkatan rasa percaya diri belajar siswa. Besarnya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi hasil pengolahan R Square sebesar 0,402 atau 40,2% peningkatan rasa percaya diri belajar siswa dipengaruhi oleh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, sementara itu sekitar 59,8% peningkatan rasa percaya diri belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi; Rasa Percaya Diri Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Alfina Dermawanty |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:22 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |