Hubungan antara bimbingan religi dengan perilaku agresif: Penelitian pada remaja siswa kelas 8-G SMP Insan Kamil Bogor

Sholihah, Adilah (2025) Hubungan antara bimbingan religi dengan perilaku agresif: Penelitian pada remaja siswa kelas 8-G SMP Insan Kamil Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIASI)
3_BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masa remaja merupakan fase transisi yang rawan terhadap berbagai bentuk penyimpangan perilaku, termasuk perilaku agresif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Fenomena kenakalan remaja seperti perkelahian, perundungan, dan agresi verbal maupun fisik masih marak ditemukan, termasuk di lingkungan SMP Insan Kamil Bogor. Salah satu pendekatan yang dianggap mampu mengatasi perilaku tersebut adalah melalui bimbingan religi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis hubungan antara bimbingan religi dengan perilaku agresif di SMP Insan Kamil Bogor. Pada teori perilaku agresif dari Buss & Perry (1992), yang mengklasifikasikan agresivitas menjadi empat aspek: agresi fisik, agresi verbal, kemarahan, dan permusuhan. Dan teori bimbingan religi dari Fetzer (2003) digunakan untuk menjelaskan klasifikasi religi yang terdiri dari 10 aspek: Daily Spiritual Experience, Meaning, Value, Belief, Forgiveness, Private Religious Practice, Religious Spiritual Coping, Religious Support, Religious History dan Organizational Religiousness. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Insan Kamil Bogor yang berjumlah 110 orang siswa. Dengan sampel penelitian yakni siswa kelas 8-G berjumlah 32 dipilih melalui teknik purposive sampling dimana siswa terindikasi memiliki perilaku agresif cukup tinggi dibandingkan dengan kelas lainnya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas 8-G SMP Insan Kamil Bogor (90,6%) memiliki tingkat bimbingan religi dalam kategori tinggi, dengan ciri-ciri aktif dalam kegiatan keagamaan, memiliki kebiasaan spiritual harian, pemahaman makna hidup yang religius, serta keyakinan dan praktik agama yang kuat. Di sisi lain, sebagian besar siswa (78,1%) menunjukkan perilaku agresif dalam kategori sedang, dengan bentuk umum berupa agresi verbal, kemarahan, dan permusuhan ringan. Analisis statistik menggunakan korelasi Pearson menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,302 dengan tingkat signifikansi 0,093. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negative antara bimbingan religi dan perilaku agresif, meskipun tidak signifikan secara statistik. Dengan kata lain, semakin tinggi bimbingan religi yang diterima siswa, maka kecenderungan untuk menunjukkan perilaku agresif akan semakin rendah, walaupun korelasi tersebut bersifat lemah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Religi; Perilaku Agresif; Remaja; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Adilah Sholihah
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:47
Last Modified: 14 Jul 2025 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112200

Actions (login required)

View Item View Item