Az Zahra, Rina Fitriani (2025) Konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk menangani pelanggaran berpacaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gung Djati Bandung.
|
Text
01. COVER.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
03. Keterangan bebas plagiarism.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
04. Daftar isi.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
05. BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
![]() |
Text
06. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
07. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
08. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
09. Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
Abstract
Berpacaran di kalangan siswa boarding school merupakan salah satu pelanggaran peraturan dalam kategori berat yang terjadi dan cukup kompleks sehingga memerlukan penanganan yang tepat. Siswa yang berpacaran dapat berdampak negatif pada perkembangan emosional dan akademik siswa, sehingga memerlukan intervensi konseling yang tepat untuk mengatasinya. Salah satu pendekatan yang dilakukan Guru BK dalam menangani pelanggaran yang terjadi yaitu dengan menggunakan metode konseling inidvidu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kondisi permasalahan siswa berpacaran, proses dan hasil dari konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam menangani siswa berpacaran di SMP IT Al-Ukhuwah Boarding School. Landasan teori pada penelitian mencakup konsep konseling individu, teori Rational Emotive Behabior Therapy dikembangkan oleh Albert Ellis yang menekankan bahwa emosi dan perilaku dipengaruhi oleh keyakinan yang rasional atau irasional, dan dapat dilakukan perubahan kognitif menggunakan kerangka ABCDE, dan tugas perkembangan remaja serta dinamika perilaku berpacaran pada remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif-deskriptif. Maka dari itu, sumber data dari penelitian ini adalah Guru BK dan siswa yang sesuai dengan kriteria topik penelitian dan sudah pernah menjalani sesi konseling. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan oebservasi, wawancara, dan data hasil observasi serta wawancara didokumentasikan berupa data verbatim. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy efektif dalam membangun kesadaran diri dan perubahan pada perilaku serta dapat mengganti pola pikir tidak rasional individu. Sehingga adanya perubahan perilaku positif secara bertahap dan sesuai dengan norma sekolah seperti, peningkatan dalam bidang akademik, rajin dalam ibadah, mengikuti dan aktif dalam organisasi, serta lebih dapat menontrol diri dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan pendekatan REBT efektif yang dalam menangani pelanggaran berpacaran di boarding school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Individu;Rational Emotive Behavior Therapy;Berpacaran |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Rina Fitriani Az Zahra |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:58 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |