Maulidiyah, Aulia (2025) Layanan bimbingan dan konseling Islam untuk siswa penghafal Al-Quran yang terlibat pacaran: Penelitian di Nuruzzaman Islamic Boarding School. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIARISME)
3_SK Plagiarisme.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB 1 (2).pdf Download (421kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB 4 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Download (296kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
10_Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Remaja merupakan fase perkembangan penting yang ditandai dengan perubahan emosional, fisik, dan psikososial. Salah satu dinamika perilaku yang muncul pada masa ini adalah ketertarikan terhadap lawan jenis yang seringkali diekspresikan melalui perilaku pacaran. Meskipun pacaran dianggap sebagai proses mengenal pasangan sebelum menikah, pada kenyataannya perilaku ini seringkali menimbulkan dampak negatif, khususnya bagi siswa penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis peran layanan bimbingan dan konseling Islam dalam menangani perilaku pacaran di kalangan siswa penghafal Al-Qur’an, (2) menganalisis tantangan yang dihadapi dalam proses layanan, dan (3) menganalisis strategi layanan yang efektif dalam menangani kasus serupa. Landasan teoritis dalam penelitian ini merujuk pada konsep layanan bimbingan dan konseling Islam yang tidak hanya menitikberatkan pada solusi permasalahan psikologis, tetapi juga pada pembinaan akhlak, penguatan nilai keimanan. Peran guru BK tidak hanya sebagai konselor, tetapi juga sebagai pendidik moral dan pendamping spiritual yang membantu siswa menjaga integritas sebagai penghafal Al-Qur’an. Jenis penelitian adalah kualitatif dan metode yang digunakan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan guru BK serta siswa yang terlibat pacaran di Nuruzzaman Islamic Boarding School. Penelitian ini dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan BK Islam memiliki peran fundamental dalam menangani perilaku pacaran. Namun demikian, tantangan tetap muncul, seperti perbedaan persepsi antara guru dan orang tua tentang pacaran. Strategi yang digunakan meliputi pendekatan preventif melalui pembinaan akhlak, penguatan nilai-nilai Islam, serta kolaborasi. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling Islam, Penghafal Al-Quran, Pacaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan dan Konseling Islam; Penghafal Al-Quran; Pacaran |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Aulia Maulidiyah |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |