Pengaruh kualitas bimbingan manasik haji terhadap kemandirian jemaah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Qonita Universal

Sartika, Dewi (2025) Pengaruh kualitas bimbingan manasik haji terhadap kemandirian jemaah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Qonita Universal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISM)
BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tanggung jawab negara yang diwujudkan melalui pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jemaah agar ibadah dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan sesuai syariat. Seiring meningkatnya jumlah jemaah haji setiap tahunnya, kualitas bimbingan manasik haji memegang peranan penting dalam membekali jemaah dalam melaksanakan ibadah haji dengan maksud supaya jemaah memiliki kesiapan, kemampuan pemahaman, dan kemandirian agar tidak terlalu bergantung pada pembimbing atau petugas haji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas bimbingan manasik haji terhadap kemandirian jemaah haji di KBIHU Qonita Universal dengan menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 44 responden jemaah haji, dan instrumen penelitian berupa 40 item pernyataan. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, serta uji hipotesis. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa kualitas layanan bimbingan yang baik akan memberikan dampak terhadap kemandirian jemaah dalam beribadah. Penelitian ini menggunakan teori SERVQUAL dari Parasuraman, Berry, dan Zeithaml (1988) yang memuat lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Selain itu, teori kualitas Gavin (1995) dan Feigenbaum (1986) turut digunakan untuk memperkuat analisis dengan penekanan pada persepsi pengguna dan kepuasan layanan secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bimbingan manasik haji berpengaruh signifikan terhadap kemandirian jemaah. Temuan ini secara teoritis memperkuat konsep kualitas pelayanan SERVQUAL yang dikembangkan oleh Parasuraman, Berry, dan Zeithaml (1988), serta mendukung teori kualitas lainnya. Temuan ini diharapkan menjadi acuan bagi KBIHU dan instansi terkait dalam meningkatkan efektivitas bimbingan manasik haji, baik dari segi penyusunan materi, metode pelaksanaan, maupun pembinaan mental dan kesiapan jemaah agar layanan yang diberikan semakin optimal dan mampu memenuhi kebutuhan jemaah secara menyeluruh saat menghadapi berbagai situasi di Tanah Suci.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Manasik; Jemaah
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Dewi Sartika
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:21
Last Modified: 15 Jul 2025 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112376

Actions (login required)

View Item View Item