Strategi pendayagunaan zakat melalui program bantuan pendidikan mahasiswa: Penelitian program masa depan Jakarta di BAZNAS Kota Jakarta Timur

Khoir, Imam Al Fikri Madani (2025) Strategi pendayagunaan zakat melalui program bantuan pendidikan mahasiswa: Penelitian program masa depan Jakarta di BAZNAS Kota Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (TURNITIN)
TURNITIN.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh urgensi mendayagunakan zakat dalam mendukung pemberdayaan mustahik melalui sektor pendidikan. BAZNAS Kota Jakarta Timur sebagai lembaga pengelola zakat telah melaksanakan Program Masa Depan Jakarta yang ditujukan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Program ini mencerminkan strategi jangka panjang untuk membentuk mustahik menjadi muzaki melalui peningkatan akses pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendayagunaan zakat yang diterapkan BAZNAS Kota Jakarta Timur, khususnya dalam aspek penentuan tujuan jangka panjang, pemilihan cara bertindak, dan pengalokasian sumber daya, dengan mengacu pada teori strategi A.M. Kadarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi terhadap kegiatan program serta mahasiswa penerima bantuan. Penelitian ini dilakukan dengan mengelompokkan data berdasarkan tiga fokus utama strategi pendayagunaan zakat yang menjadi kerangka analisis utama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BAZNAS Kota Jakarta Timur telah menetapkan tujuan jangka panjang yang selaras dengan misi pendayagunaan melalui pendidikan. Strategi operasional dilaksanakan melalui proses seleksi yang ketat dan transparan, namun masih ditemukan kendala dalam verifikasi kondisi ekonomi mahasiswa dan keterbatasan dalam monitoring penggunaan dana zakat. Pengalokasian sumber daya mencakup dukungan dana zakat profesi, partisipasi CSR, serta keterlibatan sumber daya manusia yang cukup aktif dalam pelaksanaan program. Meski cukup baik dalam memberikan dampak positif terhadap perkembangan akademik dan sosial mahasiswa, penguatan sistem pelaporan dan validasi data penerima masih perlu ditingkatkan untuk menjamin akuntabilitas program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pendayagunaan zakat yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Jakarta Timur melalui Program Masa Depan Jakarta telah berjalan cukup baik dan terintegrasi, meskipun masih dihadapkan pada tantangan dalam hal verifikasi penerima dan evaluasi pasca pemberian bantuan. Perencanaan jangka panjang yang adaptif, metode seleksi yang tepat, serta manajemen sumber daya yang optimal menjadi kunci keberhasilan program zakat berbasis pendidikan ini dalam meningkatkan kualitas hidup mustahik dan memperluas dampak sosial zakat secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Strategi; Strategi Pendayagunaan Zakat; Mustahik; BAZNAS
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Imam Al Fikri Madani Khoir
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:34
Last Modified: 15 Jul 2025 04:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112396

Actions (login required)

View Item View Item