Mulyanto, Dede (2025) Hubungan metode langsung dan lingkungan bahasa dengan keterampilan berbicara: Studi kasus di Ma'had Safeera. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) |
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang paling esensial, karena mencerminkan tingkat penguasaan bahasa oleh seorang pembelajar. Keterampilan ini berfungsi sebagai sarana utama dalam komunikasi lisan serta media untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam berbagai konteks kehidupan. Dalam pengajaran bahasa Arab bagi penutur asing, keterampilan berbicara memiliki urgensi yang lebih tinggi karena menjadi indikator utama keberhasilan proses pembelajaran. Ma’had Safeera berhasil membekali para siswinya dengan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab secara lancar dan efektif. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari penerapan metode langsung dalam proses pembelajaran, serta penyediaan lingkungan bahasa yang kondusif dan menyeluruh, yang mendorong penggunaan bahasa Arab dalam seluruh aktivitas harian. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara ilmiah pengalaman Ma’had Safeera guna memberikan kontribusi praktis dan teoritis yang dapat direplikasi di lembaga serupa. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) mendeskripsikan implementasi metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Safeera; (2) mendeskripsikan lingkungan bahasa yang terbentuk sebagai hasil dari penerapan metode tersebut; (3) mengidentifikasi sejauh mana pengaruh metode langsung dalam pengembangan keterampilan berbicara siswi; dan (4) menganalisis pengaruh lingkungan bahasa terhadap peningkatan keterampilan berbicara. Seluruh tujuan tersebut diarahkan untuk menjelaskan keterkaitan antara metode pembelajaran dan faktor lingkungan dengan performa kebahasaan lisan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori dalam kerangka studi kasus, dengan Ma’had Safeera sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada para siswi, sedangkan analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS untuk menguji hipotesis serta menganalisis hubungan antarvariabel. Analisis dalam penelitian ini didasarkan pada teori behaviorisme yang memandang pembelajaran bahasa sebagai proses stimulus-respons yang diperkuat melalui pengulangan dan masukan linguistik yang berkelanjutan dalam lingkungan yang mendukung. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa metode langsung memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keterampilan berbicara para siswi, dengan nilai koefisien Beta sebesar 0,703 yang mengindikasikan pengaruh langsung yang kuat. Selain itu, lingkungan bahasa juga terbukti memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan keterampilan berbicara, dengan nilai koefisien Beta sebesar 0,594. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,919 menunjukkan bahwa metode langsung dan lingkungan bahasa secara simultan mampu menjelaskan sebesar 91,9% variasi yang terjadi dalam perkembangan keterampilan berbicara. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi antara metode pembelajaran yang tepat dan penciptaan lingkungan bahasa yang aktif untuk mengoptimalkan keterampilan berbicara peserta didik, khususnya dalam konteks pembelajaran bahasa Arab bagi penutur asing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Arabic Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | dede mulyanto |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |