Persepsi jurnalis kampus tentang podcast bocor alus berdasarkan prinsip jurnalisme Bill Kovach dan Tom Rosenstiel: Studi deskriptif pada media kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Anggraeni, Sylva (2025) Persepsi jurnalis kampus tentang podcast bocor alus berdasarkan prinsip jurnalisme Bill Kovach dan Tom Rosenstiel: Studi deskriptif pada media kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di era digital, media mengalami transformasi signifikan dengan munculnya podcast sebagai media alternatif yang populer, terutama di kalangan generasi muda. Podcast "Bocor Alus" yang diproduksi oleh media Tempo menjadi studi kasus menarik karena menghadirkan isu politik dengan format yang santai namun informatif. Namun, tantangan kredibilitas dan penerapan prinsip jurnalistik dalam media baru ini perlu dikaji, terutama berdasarkan prinsip jurnalisme Bill Kovach dan Tom Rosenstiel yang menekankan kebenaran, loyalitas kepada publik, dan disiplin verifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi jurnalis kampus terhadap podcast "Bocor Alus" dalam hal seleksi, organisasi, dan interpretasi informasi berdasarkan prinsip jurnalistik Bill Kovach dan Tom Rosenstiel. Fokusnya adalah bagaimana mereka menilai kualitas dan kredibilitas informasi yang disajikan dalam podcast tersebut. Paragraf ini menjelaskan fokus dan sasaran penelitian secara jelas. Penelitian ini menggunakan konsep persepsi yang mencakup proses seleksi, organisasi, dan interpretasi. Konsep ini relevan untuk menganalisis bagaimana jurnalis kampus memilih dan memahami penerapan prinsip jurnalistik dalam podcast di era post-truth. Prinsip jurnalistik Bill Kovach dan Tom Rosenstiel menjadi kerangka evaluasi utama yang menekankan kebenaran, independensi, verifikasi, dan hal penting lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada jurnalis kampus. Pendekatan ini memungkinkan penggambaran sistematis dan objektif mengenai persepsi mereka terhadap penerapan prinsip jurnalistik dalam podcast Bocor Alus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnalis kampus memilih podcast Bocor Alus karena gaya penyajiannya yang santai, mudah dipahami, serta data yang jelas dan kredibel. Dalam proses seleksi, mereka melakukan pengecekan silang dengan sumber lain untuk memastikan akurasi. Informasi diorganisasi secara kritis dengan pengelompokan berdasarkan tema dan urgensi, serta memanfaatkan diskusi daring untuk menguji validitas. Pada tahap interpretasi, podcast ini dinilai berhasil menerapkan prinsip jurnalistik Bill Kovach dan Tom Rosenstiel, terutama dalam transparansi sumber dan keberanian mengangkat isu sensitif. Meski ada catatan soal potensi keberpihakan dan keterbatasan isu, podcast ini dianggap independen dan berperan penting dalam meningkatkan literasi politik dan profesionalisme jurnalistik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Jurnalis Kampus; Podcast; Prinsip Jurnalisme; Bill Kovach dan Tom Rosenstiel
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sylva Anggraeni
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:29
Last Modified: 22 Jul 2025 07:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112437

Actions (login required)

View Item View Item