Pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di kelas XI SMAN 27 Bandung

Aisy, Roha Dhatul (2025) Pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di kelas XI SMAN 27 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai minat belajar siswa yang rendah terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMAN 27 Bandung. Permasalahan ini dapat dilihat dari beberapa fenomena yang timbul saat pelaksanaan observasi, seperti sebagian besar siswa sibuk dengan kegiatan lain saat pembelajaran, pertanyaan guru kerap dijawab oleh siswa yang sama, dan keadaan kelas yang tidak kondusif. Salah satu penyebab terjadinya fenomena-fenomena tersebut karena metode pembelajaran yang tidak variatif. Hal ini sejalan dengan wawancara yang telah dilakukan bersama guru dan siswa sebelum penelitian dilakukan. Untuk itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran scramble untuk mengetahui pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode pembelajaran scramble pada mata pelajaran PAI BP di kelas XI-3 SMAN 27 Bandung, 2) Minat belajar siswa kelas XI-3 SMAN 27 Bandung pada mata pelajaran PAI BP, 3) Pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap minat belajar siswa kelas XI-3 SMAN 27 Bandung pada mata pelajaran PAI BP. Pembelajaran menggunakan metode scramble diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, sebab dilakukan dengan berkelompok dan memungkinkan untuk belajar sambil bermain. Scramble merupakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk menemukan jawaban dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara membagikan lembar soal dan lembar jawaban yang disertai dengan alternatif jawaban yang tersedia. Jawaban dari soal yang diberikan berbentuk permainan acak kata, kalimat atau paragraf. Penelitian ini diawali dengan pengisian angket minat belajar (pretest), kemudian dilakukan perlakuan berupa penerapam metode pembelajaran scramble, lalu diakhiri dengan pengisian angket kembali (posttest). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental one-group pretes–postets design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa mean; rata-rata; dan standar deviasi, analisis inferensial yang mencangkup uji t sebagai uji hipotesis dan uji normalitas sebagai uji prasyarat, serta juga menggunakan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil observasi aktivitas siswa memperoleh skor sebesar 90%. Dengan kata lain, siswa melaksanakan pembelajaran menggunakan metode scramble dengan sangat baik, 2) Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI BP mengalami kenaikan sebesar 44% berdasarkan jenjang kategori minat belajar, dan meningkat 17% berdasarkan perolehan rata-rata awal dan akhir, 3) Model pembelajaran scramble memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa dengan hasil uji hipotesis sig 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode scramble; minat belajar; PAI BP
Subjects: Education, Research
Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Roha Dhatul Aisy
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:23
Last Modified: 15 Jul 2025 08:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112456

Actions (login required)

View Item View Item