Aisy, Roha Dhatul (2025) Pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di kelas XI SMAN 27 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (271kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai minat belajar siswa yang rendah terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMAN 27 Bandung. Permasalahan ini dapat dilihat dari beberapa fenomena yang timbul saat pelaksanaan observasi, seperti sebagian besar siswa sibuk dengan kegiatan lain saat pembelajaran, pertanyaan guru kerap dijawab oleh siswa yang sama, dan keadaan kelas yang tidak kondusif. Salah satu penyebab terjadinya fenomena-fenomena tersebut karena metode pembelajaran yang tidak variatif. Hal ini sejalan dengan wawancara yang telah dilakukan bersama guru dan siswa sebelum penelitian dilakukan. Untuk itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran scramble untuk mengetahui pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode pembelajaran scramble pada mata pelajaran PAI BP di kelas XI-3 SMAN 27 Bandung, 2) Minat belajar siswa kelas XI-3 SMAN 27 Bandung pada mata pelajaran PAI BP, 3) Pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap minat belajar siswa kelas XI-3 SMAN 27 Bandung pada mata pelajaran PAI BP. Pembelajaran menggunakan metode scramble diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, sebab dilakukan dengan berkelompok dan memungkinkan untuk belajar sambil bermain. Scramble merupakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk menemukan jawaban dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara membagikan lembar soal dan lembar jawaban yang disertai dengan alternatif jawaban yang tersedia. Jawaban dari soal yang diberikan berbentuk permainan acak kata, kalimat atau paragraf. Penelitian ini diawali dengan pengisian angket minat belajar (pretest), kemudian dilakukan perlakuan berupa penerapam metode pembelajaran scramble, lalu diakhiri dengan pengisian angket kembali (posttest). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental one-group pretes–postets design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa mean; rata-rata; dan standar deviasi, analisis inferensial yang mencangkup uji t sebagai uji hipotesis dan uji normalitas sebagai uji prasyarat, serta juga menggunakan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil observasi aktivitas siswa memperoleh skor sebesar 90%. Dengan kata lain, siswa melaksanakan pembelajaran menggunakan metode scramble dengan sangat baik, 2) Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI BP mengalami kenaikan sebesar 44% berdasarkan jenjang kategori minat belajar, dan meningkat 17% berdasarkan perolehan rata-rata awal dan akhir, 3) Model pembelajaran scramble memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa dengan hasil uji hipotesis sig 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode scramble; minat belajar; PAI BP |
Subjects: | Education, Research Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Roha Dhatul Aisy |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:23 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |