Muttaqin, Salman (2025) Marketing Communications Grand Cordela Hotel Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (588kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan aktivitas Marketing Communication yang dilakukan oleh Grand Cordela Hotel Bandung dalam mencapai tujuan dari teori Integrated Marketing Communication (IMC). Latar belakang penelitian ini berangkat dari semakin kompetitifnya lanskap bisnis perhotelan dan pentingnya komunikasi pemasaran yang efektif untuk membangun citra merek, meningkatkan penjualan, dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan Manajer Sales and Marketing serta Staf Marketing Communication Grand Cordela Hotel Bandung, observasi partisipan pasif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas Marcom Grand Cordela Hotel Bandung melibatkan berbagai elemen komunikasi pemasaran terpadu berdasarkan tujuan teori Integrated Marketing Communication (IMC). Aktivitas tersebut meliputi: (1) menjaga hubungan baik dengan konsumen melalui excellent service, komunikasi dua arah, pembangunan hubungan personal, dan menjaga kredibilitas; (2) meningkatkan kesadaran merek melalui penggunaan media sosial, program Corporate Social Responsibility (CSR), dan direct marketing (promosi offline seperti sales call, media gathering, dan talk show); serta (3) mendorong tindakan pembelian jasa oleh konsumen melalui sales call, pembangunan brand identity dan promo menarik. Penerapan strategi Marcom ini berhasil meningkatkan brand awareness, memperkuat citra positif, dan mendorong tindakan pembelian. Namun, ditemukan pula beberapa tantangan dalam implementasinya, seperti keterbatasan sumber daya tim Marcom untuk aktivitas online dan tingkat pemahaman digitalisasi pelanggan yang belum merata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aktivitas Marcom Grand Cordela Hotel Bandung memiliki peran krusial dalam mendukung pencapaian tujuan bisnis perusahaan dan telah mengimplementasikan konsep IMC secara efektif. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya optimalisasi penggunaan media digital dengan lebih aktif mengikuti tren di media sosial serta penambahan sumber daya manusia (SDM) yang fokus pada aktivitas marketing online untuk mengelola media sosial dan advertising.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Communication; Grand Cordela Hotel Bandung; Integrated Marketing Communication (IMC). |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth Communications Telemunications |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Mr Salman Muttaqin |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |