Bani, Asep Saepul (2018) Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (786kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
Abstract
Akhlak merupakan permasalahan utama yang menjadi tantangan bagi para orang tua. Permasalahan tersebut juga menjadi pekerjaaan bagi lembaga pendidikan madrasah diniyah. Salah satu lembaga pendidikan madrasah diniyah yang mempunyai permasalahan di bidang akhlak anak adalah MDTA Al-Muhajir, hampir sebagian besar siswa yang biasa mengaji di MDTA Al-Muhajir dipandang kurang baik dalam segi akhlak, Upaya yang dilakukan oleh pihak lembaga, yakni mengadakan layanan bimbingan klasikal, bimbingan klasikal adalah program bimbingan yang dirancang dengan mengadakan pertemuan tatap muka berbasis kelas, secara terjadwal dengan materi yang telah diprogramkan dalam bentuk program semester. Proses bimbingan klasikal di madrasah diniyah Al-Muhajir lebih mengarah pada nasihat dengan membahas materi akhlak yang mendekati pada ruang lingkup siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan proses bimbingan klasikal yang dilaksanakan di madrasah diniyah takmiliyah awaliyah Al-Muhajir, untuk mengetahui kondisi akhlak siswa sebelum mengikuti bimbingan klasikal dan untuk mengetahui hasil pencapaian bimbingan klasikal dalam meningkatkan akhlakul karimah. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teori pembiasaan klasikal (Classical Conditioning) teori ini mengutamakan perilaku atau perubahan tingkah laku organisme melalui hubungan stimulusrespon (S-R). Dengan demikian belajar materi akhlak hendaknya mengkondisi stimulus agar dapat menimbulkan respon akhlak yang baik. Sifatnya adalah membentuk hubungan antara stimulus dan respon. Ini berarti belajar dan perubahan tingkah laku (Akhlak) tidak dapat dipisahkan. Setiap perubahan adalah belajar, dan sebalikanya setiap belajar adalah perubahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan datadata primer dan sekunder dari proses observasi dan wawancara serta data nilai rapot siswa yang disajikan oleh MDTA Al-Muhajir terkait bidang akhlak siswa. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Proses bimbingan klasikal di MDTA Al-Muhajir menggunakan metode ceramah penyampaian materi akhlak yang diberikan oleh pembimbing kepada siswa, hampir kebanyakan siswa memiliki kecenderungan akhlak kurang baik, terutama pada siswa laki-laki, dalam segi perkataan maupun etika, hasil pencapaian terdapat peningkatan dalam nilai rapot (kognitif), terdapat penerapan oleh siswa dalam kesehariannya (Afektif), hanya sebagian kecil siswa, yang mempunyai kecenderungan untuk mendekati skiil dalam ranah keagamaan (Psikomotorik)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guidance; Classical; Morals |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Asep Saepul Bani Abdurahman Saleh |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 09:07 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 09:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11261 |
Actions (login required)
View Item |